Pemicu Laptop Short dan Matot

Diposting pada

Laptop short dan matot atau mati total tentu ada penyebab sebagai pemicunya. Beberapa hal bisa menyebabkan adanya short ini salah satunya yang akan kita share pada kesempatan ini.
Salah sato short pada sebuah laptop adalah terjadi akibat sebuah kapasitor tantalum kecil yang rusak. Kerusakannya adalah antara kedua kakinya short, karena peletakan kapasitor tantalum pada laptop selalu antara jalur positif dan jalur ground maka jika short juga menyebabkan jalur tersebut short ke ground, dan jika jalur tersebut adalah jalur 19Volt maka arus dari charger akan langsung hilang jika charger dimasukkan ke laptop. Jika yang short tersebut adalah jalur 5V atau 3V atau jalur tegangan yang lebih kecil maka biasanya arus dari charger bergetar ditandai dengan lampu indikator pada charger kedip-kedip.
Pertanyaannya adalah apa penyebab kapasitor tantalum tersebut short? Perhatikan foto-foto dibawah ini.

Pemicu Laptop Short dan Matot

Adanya kerak putih pada gambar diatas biasanya disebabkan karena ada kelembaban yang berlebih di lokasi tersebut. Bisa karena kena tetesan air atau penyebab lain yang  memicu adanya kelembaban yang berlebihan. Kerak ini pada kondisi tertentu bisa saja menjadi penghantar arus listrik dan komponen yang terkena kerak bisa rusak termasuk didalamnya kapasitor tantalum seperti terlihat pada foto diatas dan dibawah ini.

Pemicu Laptop Short dan Matot

Seperti kasus yang kita telah kita tangani, kapasitor tentalum yang paling besar pada foto diatas itu rusak ( short ) karena terkena kerak putih yang lembab tersebut.
Untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh adanya kerak putih lembab ini selain kita harus mengganti kapasitor yang rusak maka kita juga harus membersihkan kerak dengan menyemprotkan cairan contact cleaner kemudian disikat dengan sikat gigi sampai bersih dan dilap menggunakan tissue kering sampai bersih. Jadi kelembaban berlebih pada motherboard bisa mengakibatkan kerak lembab yang bisa memicu laptop short dan matot.

4 thoughts on “Pemicu Laptop Short dan Matot

  1. Halo salam kenal mas, saya mendapati laptop dengan kerusakan persis seperti yang mas gambarkan yaitu ketika di colokkan adaptor arus adaptor langsung hilang. Adaptor harus di lepas dlu dari colokan listrik beberapa saat baru ada arusnya kembali. Namun jika saya colokkan lagi ke laptopnya lgsg hilang lagi arusnya.

    Tipe laptop Acer Aspire 4749. Boleh saya minta petunjuk harus memulai perbaikan di area mana mas? Maklum baru baru buka usaha servis komputer bermodal kemampuan instal ulang dan reparasi ringan saja hehehe.

  2. Permisi mas mau tanya
    Laptop saya kondisi mati (tidak mau ngecharge) tp saat di nyalakan tanpa charger (pakai tenaga sisa dari baterai) laptopny bisa nyala Dan berfungsi dengan baik.
    Tp ketika coba di charge lagi lampu indikator charge gk nyala. Dan skrng gk bisa nyala lg kalau pake charger.
    Saya coba cek pake AVO meter digital tegangan di charger muncul 19 Volt berarti chargerny gk masalah kan ? saya coba di DC Jack Femalenya muncul juga tegangan 19 Volt. Tp ttep gk mau nyala kalo pake charger
    Saya udah gogling tapi masih belum terpecahkan.

    Kira2 solusi ny gimana ya mas ?
    Laptop asus N46VM i5.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *