Fahami IC Power Laptop

Banyak sekali user yang menanyakan tentang problem IC power laptop tanpa memahami apa dan seperti apa ic power itu. Salah satu user menanyakan bahwa motherboard laptop acernya sedang bermasalah dan teknisi bilang rusak ic powernya, apakah bapak punya ic power tersebut? tanpa menyebutkan type atau serial kodenya. Tentu saja saya bingung menjawabnya karena dalam sebuah motherboard laptop terdapat buanyak sekali ic power dengan berbagai type dan serial kode.
Fahami IC Power Laptop

Kisah diatas menunjukkan bahwa kita perlu terlebih dahulu fahami ic power laptop. IC power pada sebuah motherboard laptop banyak sekali jumlahnya dan typenya tidak sama. IC power stepdown misalnya, ada ic untuk stepdown ke 3 dan 5V, kemudian i stepdown ke 1,1V ic power stepdown VCore, stepdown VGfx, ic power stepdown ke DDR dan seterusnya. Type-typenya tentu saja tidak sama satu dengan yang lain. Beda laptop juga beda typenya.
Jika yang dimaksud ic power adalah mosfet maka jumlahnya lebih banyak lagi, demikian juga typenya. Pada step down ke 3 dan 5 volt saja setidaknya ada 4 buah mosfer, pada step down VCore terdapat 4 buah ada juga yang 8 buah, demikian juga VGfx terdapat 2 buah mosfet demikina seterusnya. Jadi jumlahnya banyak sekali.
Maka jika seorang teknisi menyampaikan hasil analisa dengan kesimpulan kerusakan ada pada ic power maka ini sifatnya sangat umum dan kita belum bisa pastikan typenya karena posisi ic power yang rusak tersebut juga belum jelas, maka ini membutuhkan analisa lebih lanjut, atau bila memungkinkan tanyakan ic power yang mana yang rusak.
Demikian perlunya fahami ic power pada laptop agar kita bisa jelas memperkirakan biaya perbaikan dan bisa menyesuaikan dengan kemampuan kantong kita masing-masing. Tonton video service di channel youtube kami : channel jiwacomp

1 Response to "Fahami IC Power Laptop"

Jika komentar anda tidak muncul silahkan tulis komentar pada posting yang lain, yang belum terlalu banyak jumlah komentarnya