Komputer Tidak Nyala Jangan Panik

Diposting pada

Pas nyalakan komputer lampunya nyala dan kipas-kipas pada bunyi namun tidak tampil apa-apa di layar monitor padahal layarnya normal, jangan panik. Mari kita bantu menelusuri sumber masalah yang bisa mengakibatkan masalah seperti tersebut. Jadi inti masalahnya adalah komputer bisa dinyalakan namun tidak ada tampilan apapun di layar monitor sehingga tidak ada proses booting.

Langkah-langkah yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut :
1. Matikan komputer yang sudah terlanjur dinyalakan dengan menekan dan menahan tombol power sampai semua lampu-lampu indikator dan kipas-kipas benar-benar mati.
2. Cabut kabel power dan kabel VGA
3. Buka kesing komputer kemudian lepas baterai CMOS. Lepas juga kabel power dan data hardisk untuk keamanan.
4. Setelah didiamkan kira-kira 2 menit maka masukkan kabel power dan VGA kemudian coba nyalakan lagi. Jika berhasil tampil maka pekerjaan selesai, namun jika belum tampil maka lanjutkan.
5. Matikan lagi komputer dan lepas kabel power dan VGA.
6. Lepas memory RAM kemudian bersihkan slotnya, dan juga pin-pin memory-nya menggunakan penghapus pensil. Kemudian pasang lagi, pindah ke slot lain bisa perlu.
7. Jika tetap belum bisa nyala coba pasang memory lain yang sejenis atau coba gosok lagi menggunakan penghapus barangkali masih kurang bersih.
8. Jika sampai disini masih belum berhasil maka butuh langkah penanganan perbaikan yang lebih rumit.

Biasanya jika belum berhasil maka masalah disebabkan karena chipset VGA bermasalah, atau bisa juga chipset IO yang bermasalah, berdasarkan pengalaman ternyata biayanya hampir sama dengan harga motherboard bekas yang masih normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *