Laptop Asus Tidak Bisa Nyala, Atasi dengan mudah

Posted on

Ini adalah tentang laptop Asus S200E yang tidak bisa dinyalakan sama sekali dan ternyata sumber masalahnya sangat simple dan sangat mudah diperbaiki. Kondisi kerusakan laptop ini adalah tombol powernya tidak merespon namun lampu indikator charging bisa menyala dan proses charging juga berjalan normal.

Laptop Asus Tidak Bisa Nyala, Atasi dengan mudah

Untuk memperbaiki kerusakan pada laptop Asus ini kita hanya memerlukan peralatan sederhana yaitu obeng untuk membungkar kesing tentunya, dan alat pengungkit seperti pinset atau alat yang sejenis. Kemudian proses perbaikannya adalah sebagai berikut :
1. Lepaskan charger
2. Buka kesing bagian bawah dengan melepas semua baut yang bisa dilihat
3. Setelah bagian dalam laptop bisa diakses maka lepaskan port atau jack baterai, kemudian diamkan laptop beberapa saat.
4. Setelah kurang lebih 5 menit maka masukkan charger dan nyalakan laptop tanpa baterai ( menggunakan charger saja ), maka seharusnya laptop bisa dinyalakan kembali.
5. Setelah laptop bisa kembali nyala maka matikan dan pasang baterai, kemudian pasang juga kesing dan bautnya.
Jika langkah diatas belum bisa membuahkan hasil silahkan mencoba untuk melepas baterai CMOS dan diamkan beberapa saat seperti proses diatas, jika tetap belum berhasil maka perlu analisa lebih lanjut karena bisa saja kerusakan disebabkan karena adanya short circuit atau ada masalah pada chipset IO sebagai pengontrol tombol power. Untuk melihat secara langsung proses perbaikan daripada laptop ini silahkan lihat video dibawah.


Semoga pengalaman perbaikan laptop Asus yang tidak bisa nyala ini bisa bermanfaat,

6 thoughts on “Laptop Asus Tidak Bisa Nyala, Atasi dengan mudah

  1. Asus seri x200…, mainboardnya tdk ada identifkasi utk komponen-2 nya, jd kita tdk tau capacitor brp, resistor berapa, sehingga kita tdk bs menyesuaikan dgn skema elektronik nya. Ada saran mas bagaimana cara kita menysesuaikan komponen yg ada di mobo dgn yg di skema?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *