Mosfet Proyektor Jika Rusak

Diposting pada

Apa yan terjadi jika mosfet pada sebuah proyektor rusak. Yuk kita bahas sedikit karena ini sering juga terjadi pada proyektor jenis DLP. Mosfet yan kita bahas ini adalah sebuah mosfet yang dipasang pada bagian output di power supply yan menuju ke unit balast, baik yang balastnya nyatu dengan power supply maupun yang berdiri sendiri yang biasanya dihubungkan dengan soket.
Mosfet ini adalah jembatan utama power dari power supply menuju balast dan sumbernya langsung dari sumber power utama dari elco utama.

Apa yang terjadi jika mosfet tersebut rusak. Kerusakan mosfet ini bisa hanya lemah saja atau bisa juga short circuit diantara kaki-kakinya.
1. Jika mosfet lemah.
Jika mosfet tersebut hanya lemah saja biasanya akibatnya adalah balast akan berhenti bekerja setelah beberapa waktu tertentu, beberapa menit, dan menyebabkan alarm menyala. Inilah yang terjadi pada proyektor yang setelah beberapa saat mati sendiri lampunya namun tidak mati total atau masih ada beberapa indikator yang menyala termasuk indikator alarm.
2. Jika mosfet short circuit atau konslet diantara kaki-kakinya.
Jika kerusakan mosfet fatal dimana diantara kaki-kakinya terhubung singkat ( bisa dicek menggunakan avometer ) maka efeknya adalah saat kita masukkan listrik maka listrik rumah atau kantor akan down, nge-trip, atau langsung mati karena mendeteksi adanya konsleting. Dan pada kondisi tertentu akan memutuskan pengaman proyektor yang berupa sekring atau Fuse di bagian jalur utama tegangan tinggi di dalam proyektor.
Ini adalah beberapa contoh kondisi yan diakibatkan oleh mosfet yang rusak pada sebuah proyektor.

One thought on “Mosfet Proyektor Jika Rusak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *