Penyebab Lenovo G40 Tidak Bisa Dinyalakan

Diposting pada

Laptop Lenovo G40 tidak bisa dinyalakan bisa disebabkan oleh berbagai hal yang tidak sama antara satu dengan yang lain. Penyebabnya bisa saja hal-hal yang ringan yang tidak membutuhkan biaya mahal untuk memperbaikinya, namun bisa juga disebabkan oleh masalah yang fatal sehingga membutuhkan kejelian dalam memperbaikinya dan tentu saja jika tidak bisa memperbaiki sendiri kita harus mengeluarkan dana yang relatif besar, namun tentu saja tidak lebih mahal dari harga laptopnya.

Penyebab lenovo G40 tidak bisa dinyalakan bisa diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Kerusakan pada charger. Untuk analisa pastikan kondisi charger normal, karena jika baterai habis dan charger tidak normal maka tentu saja tidak ada power yang masuk ke laptop yang menyebabkan laptop tidak bisa dinyalakan.
2. Kerusakan pada tombol power. Jika indikator charging menyala saat charger dimasukkan ke laptop Lenovo G40 namun tombol power tidak memberikan respon apapun saat ditekan maka bisa saja tombol power dalam keadaan rusak, untuk analisa kita bisa menggunakan AVOmeter.

Baca juga :   Solusi Install Windows 7 pada Laptop Ideapad 110

3. Chipset ngambek. Pada saat tertentu memang bisa saja chipset ngambek, tidak mau bekerja. Ini sering terjadi pada saat laptop kehabisan baterai sampek mati sendiri maka pada kondisi tertentu chipset ngambek sehingga laptop tidak bisa dinyalakan. Padahal indikator charging menyala. Untuk memperbaikinya kita bisa mencoba clearing CMOS dan atau pemanasan chipset menggunakan heater blower.
4. Bisa dinyalakan namun tidak ada tampilan apapun di layar monitor. Lenovo G40 yang tampilannya gelap padahal seperti ada proses booting dan ada suara nada welome di windows, ini biasanya disebabkan karena masalah pada tampilan. Bisa karena kerusakan LCD screen, atau karena masalah pada chipset VGA. Jika ternyata masih ada gambar remang-remang di monitor laptop maka penyebabnya adalah back light layar tidak menyala, bisa karena lcd memang rusak atau karena hilangnya tegangan back light, butuh pengecekan lebih lanjut untuk masalah seperti ini.
5. Jika Lenovo G40 mati total, tidak ada lampu apapun yang bisa menyala, termasuk lampu pada charger juga mati ketika dimasukkan ke laptop, maka ini penyebabnya adalah adanya komponen yang konslet di bagian motherboard, biasanya ada kapasitor jenis SMD yang short circuit, atau bisa saja karena mosfet pada area VCore ada yang konslet.

Baca juga :   Laptop Xiaomi Tidak Bisa Dinyalakan

Poin-poin diatas adalah beberapa kemungkinan yang terjadi sebagai penyebab laptop Lenovo G40 tidak bisa dinyalakan dan atau mati total.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *