3V Dan 5V Tidak Keluar, Ini Dia Kemungkinannya

Diposting pada

3V dan 5V adalah tegangan utama pada laptop yang secara umum harus muncul saat laptop mendapatkan sumber tegangan baik dari charger ataupun dari baterai, lalu bagaimana jika tegangan tersebut tidak ada padahal tegangan utama 19V ada? Ini yang akan kita bahas secara global.
Pada laptop jenis tertentu memang tegangan ini belum muncul sebelum tombol power ditekan namun secara umum kebanyakan tegangan 3/5 volt ini sudah muncul sebelum tombol power ditekan dan biasa disebut tegangan always ON ( ALW ) atau tegangan wajib. Sebagaimana kita tahu bahwa munculnya tegangan ini di manage oleh sebuah ic stepdown controller dan 4 buat mosfet atau pada laptop tertentu hanya 2 buah mosfet saja.
Kita sendiri sering salah analisa jika mosfet tidak ada masalah serin kita langsung memutuskan bahwa kerusakan ada pada ic controller, ternyata ini tidak selalu benar pada kondisi tertentu. Kemungkinan lain selain kerusakan ada pada ic tersebut adalah pada chipset IO ( nuvoton, ene, dll. )
Jadi beberapa kemungkinan secara umum jika tegangan 3v dan 5v tidak muncul pada sebuah motherboard laptop adalah :
1. Ada mosfet yang rusak
2. Jalur 3v dan atau 5v short
3. Mosfet pada beban 3v dan atau 5v jebol
4. ic step down controller rusak
5. Chipset IO rusak
Bisa saja ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab hilangnya tegangan tersebut namun ini adalah kondisi yang secara umum sering terjadi.

3 thoughts on “3V Dan 5V Tidak Keluar, Ini Dia Kemungkinannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *