Acer Mati Saat Masuk Windows

Diposting pada

Ini adalah tentang langkah-langkah untuk perbaikan laptop acer yang mati saat akan masuk windows. Saat mulai booting laptop lansung mati, setelah mati bisa dinyalakan lagi namun tetap mati lagi sebelum berhasil masuk windows. Laptop yang kita tangani ini adalah Acer yang menggunakan VGA ATI, seperti Acer Aspire 4738ZG dan yang lain yang menggunakan VGA ATI Radeon.
Trouble ini secara umum disebabkan karena heatsink atau pendingin prosesor kotor dan buntu sehingga panas pada heatsink tidak bisa dibuang keluar dengan baik sehingga menyebabkan prosesor dan VGA kepanasan.
Langkah-langkah yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut :
1. Lepas charger dan baterai
2. Bongkar kesing laptop. Untuk membongkar kesing laptop lepaskan semua baut yang terlihat di bagian bawah kemudian lepas kesing bagian bawah laptop.
3. Setelah motherboard laptop terlihat, lepas baterai cmos
4. Lepas heatsink atau pendingin prosesor
5. Bungkar pendingin prosesor dan bersihkan sirip-sirip bagian dalam menggunakan kuas sampai benar-benar bersih.
6. Ganti pasta jika perlu
7. Angkat motherboard dan lakukan pemanasan pada chipset VGA ATI menggunakan heater blower atau hairdryer dengan hati-hati, ringan saja.
8. Setelah suhu kembali normal pasang kembali heatsink dan lakukan running test.
Jika pada saat running test laptop bisa bekerja dengan normal maka pekerjaan selesai dan semua perangkat bisa dipasang kembali sebagaimana semula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *