Jika Mikrotik Tidak Bisa Di Reset

Diposting pada

Ini adalah tentang Mikrotik yang tidak bisa di reset menggunakan tombol reset yan telah disediakan pada box mikrotik. Atau gagalnya proses reset ini juga bisa disebabkan karena firmware mikrotik telah di rubah dengan paksa oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab atau telah di hack ( hacked ) sedemikian rupa sehingga tidak bisa dikembalikan ke settingan normal dan tidak bisa di reset dengan cara konvensional.

Jika Mikrotik Tidak Bisa Di Reset

Maka, untuk menghadapi masalah pada mikrotik tersebut kita perlu melakukan beberapa langkah taktis dengan dibantu sebuat software yaitu netinstal, yang telah disediakan oleh official site mikrotik. Langkah yang kita lakukan ini adalah mengganti firmware daripada mikrotik tersebut dengan yang baru sehingga mikrotik menjadi seperti baru.
Maka yang perlu kita siapkan adalah file firmware mikrotik tersebut yang bisa kita download di official site mikrotik juga. File tersebut menggunakan format .npk
Kita beri contoh pada mikrotik Routherboard 750GL yang tidak bisa di reset menggunakan tombol reset. File bisa kita download pada situs resmi mikrotik.

Silahkan download file .nkp menggunakan link seperti ditunjuk pada gambar diatas warna hitam, atau jika menghendaki versi lama yang warna kuning.
Kemudian download software netinstall menggunakan link seperti pada gambar tersebut dibawah ini. Pada website resmi mikrotik dibagian bawah.

Secara umum langkah reset ini adalah dimulai dengan menyalakan mikrotik kemudian membuka software netinstall kemudian memasukkan kabel lan ke mikrotik di bagian port PoE atau port LAN nomor 1. Langkah selanjutnya adalah menekan dan menahan tombol reset dan pada saat tombol reset ditekan mikrotik dimatikan denan mencabut adaptor dari listrik kemudian setelah mati adaptor dimasukkan lagi agar mikrotik menyala kembali, sementara tombol reset masih ditekan.
Penekanan tombol reset ini adalah sampai mikrotik masuk di bagian Routers/Drives pada layar netinstall. Setelah terdeteksi maka lepas tombol reset. Dan kita bisa install file .npk yang telah kita download tadi.
Semua pilihan telah disediakan pada layar Netinstall sehingga ini sangat mudah untuk dilakukan. Setelah semua langkah dilakukan maka mikrotik kita sudah kembali perawan dan siap untuk di setting sesuai dengna selera kita dengan login menggunakan Mac address via Winbox.

One thought on “Jika Mikrotik Tidak Bisa Di Reset

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *