Laptop Asus Tidak Nyala Tanpa Charger, Ini Solusinya

Diposting pada

Jika Laptop asus tidak bisa dinyalakan tanpa charger padahal baterai normal dan menunjukkan level 100%, maka ada beberapa kemungkinan yang menyebabkannya dan kita bisa memperbaikinya dengna langkah-lankah berikut :

Laptop Asus Tidak Nyala Tanpa ChargerSalah satu kemunkinannya adalah adanya masalah pada kinerja system charging pada motherboard laptop. Sebagaimana kita telah tahu bahwa komponen-komponen utama pada system charging laptop Asus dan laptop lain secara umum adalah satu buah ic controller dan 2 buah mosfet N-channel dan 1 buah mosfet P-channel.

Maka yang pertama kita harus lakukan adalah kita perlu melakukan pengecekan pada ketiga mosfet. Jika yakin bahwa ketiga mosfet pada kondisi normal maka kemungkinan terbesar adalah ic controller atau biasa disebut ic charger minta diganti.

Baca juga :   Memperbaiki Keyboard Laptop Tombol Tidak Fungsi

Namun alangkah baiknya jika beberapa komponen tantalum kapasitor di sekitar system charging di cek terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengganti ic.

Kemudian jika penggantian ic controller tidak membuahkan hasil maka kita perlu melakukan penyecekan pada komponen pendukung lain, seperti resistor devider pada jalur supply IC charger maupun chipset io yang juga memberikan sumbangsih pada suksesnya proses charging, namun hal ini sangat jarang terjadi jika kasusnya seperti tersebut diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *