Laptop HP Tiba-tiba Mati

Diposting pada

Tentang masalah Laptop HP tiba-tiba mati kita akan berikan gambaran beserta action-action yang masih bisa dilakukan sebagai langkah-langkah awal untuk menanganinya. Jika laptop HP kamu bisa dinyalakan namun setelah beberapa menit atau kira-kira hampir satu jam tiba-tiba mati, maka yan bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut :
1. Setelah laptop mati, lepas baterai.
2. Bongkar kesing laptop
3. Akses motherboard dan bersihkan menggunakan kuas.
4. Lepas baterai CMOS
5. Bersihkan heatsink. Heatsink adalah pendingin prosesor. Untuk membersihkannya, pada type laptop tertentu kita harus melepas beberapa baut yang ada di kipas pendingin sehingga kipas terpisah dengan sirip-sirip pendingin. Bersihkan sampai sirip-sirip pendingin atau fentilasi benar-benar bersih dan lubangnya tidak terhalang oleh kotoran.
6. Jika memungkinkan, bersihkan pasta dan ganti dengan yang  baru.
7. Pasang kembali motherboard pada posisinya dan coba nyalakan laptop dan diamkan selama beberapa waktu dan perhatikan apa yang terjadi.
Jika setelah melakukan langkah diatas laptop kembali normal ini menunjukkan bahwa laptop kamu sedang overheat atau terlalu panas. Bisa terlalu panas prosesornya atau VGAnya karena heatsink atau pendinginnya buntu oleh kotoran berupa debu dan lain-lain. Namun jika langkah diatas belum membuahkan hasil maka perlu analisa dan penanganan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *