MP237 Error dan Narik Kertas Terus

Diposting pada

Ini adalah salah satu error pada printer MP237 yang disebabkan oleh kotornya sensor decoder yang melintang sepanjang jalur carriege atau dudukan katrid, sehingga MP237 error dan narik kertas terus. Kotoran berupa cipratan tinta yang jika menebal mengakibatkan tertutupnya garis-garis lembut yang ada pada sepanjang sensor mika tersebut. perlu kita ketahui bahwa satu garis pada sensor tersebut adalah menentukan satu langkah gerakan carriege, sehingga jika cipratan tinta menutupi garis dan mengakibatkan beberapa garis tertutup maka tentu ini mengganggu pergerakan carriege, gerakan akan meloncat-loncat.

MP237 Error dan Narik Kertas TerusKesalahan ggerakan tersebut dianggap error oleh printer dan system proteksi akan menghentikan semua aktivitas printer dan menyalakan lampu indikator error. Jika cipratan tinta menempel pada bagian sensor di sebelah kanan, mendekati zona cleaner maka efeknya adalah printer akan gagal saat mulai proses printing, kertas akan tertarik masuk beberapa kali dan proses printing tidak berhasil.

Untuk memperbaiki kerusakan seperti ini kita perlu melakukan beberapa langkah pembersihan :
1. Matikan printer
2. Lepas kesing bagian kanan dan kiri
3. Lepas kabel flexible yang menghubungkan printer dengan scanner
4. Angkat scanner
5. Angkat kesing upper printer
6. Perhatikan sensor decoder, berupa mika panjang yang ada di sepanjang lintasan carriege
7. Lepas pengait sensor di bagian kanan ( diatas unit cleaner )
8. Lepas unit sensor
9. Bersihkan mengunakan tissue
10. Letakkan di depan lampu dan perhatikan bagian cipratan tinta apakah ada yang menutupi garis-garis lembut.
11. Bersihkan cipratan yang menutupi garis mengunakan peralatan yang sesuai, misalnya cutter. Bersihkan dibagian depan, ingat bagian depan, bukan bagian belakang yang akan merusak garis-garis yang berakibat fatal. “Kerik” menggunakan cutter perlahan-lahan.
12. Perhatikan jika semua garis sudah terlihat tidak tertutup tinta maka pasang kembali sebagaimana semula.

Kerusakan error yan diakibatkan oleh tertutupnya garis-garis lembut pada sensor decoder bisa diperbaiki dengan langkah diatas dengan hati-hati. Jika langkah tersebut belum membuahkan hasil maka perlu dicek kondisi sensor kertas dan atau sensor rooler tray.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *