Penyebab Tombol Lcd Monitor Tidak Fungsi

Diposting pada

Penyebab tombol pada LCD monitor tidak bisa berfungsi, misalnya tombol menu jika ditekan tidak bisa memunculkan tampilan menu pada layar, atau tombol panah yan tidak bisa merubah value pada option tertentu pada tampilan menu di layar atau tombol yan lain pada umumnya disebabkan karena adanya masalah pada tombol itu sendiri. Jangan tergesa-gesa langsun mem-vonis kerusakan pada logic board atau mainboard.
Indikasinya bisa kita lihat dengan adanya nilai resistansi pada tombol terkait sebelum tombol tersebut ditekan. Idealnya, sebagaimana kita telah tahu, bahwa tombol yan normal adalah tidak ada ohm sebelum ditekan dan menunjukkan 0 Ohm atau short saat ditekan, kita bisa cek menggunakan multitester untuk proses ini.

Jadi tombol yang bermasalah jika kita cek menggunakan multitester, sebelum kita tekan jarum multitester sudah bergerak separoh dan tetap menunjukkan anka 0 Ohm saat ditekan. Jadi seperti ada yan konslet namun tidak fatal, dan ini bisa mengakibatkan tombol tidak berfungsi.
Lalu bagaimana cara untuk memperbaikinya? Kita bisa gunakan cairan contact cleaner untuk masalah ini. Semprotkan contact cleaner pada tombol yang bermasalah lalu petik-petik berkali-kali, maka biasanya tombol akan kembali normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *