Asus A42J Layar Tidak Nyala

Diposting pada

Ini adalah tentang laptop Asus A42J yang tidak nyala layarnya namun indikator power dan charging menyala, kipas prosesor juga berputar. Tidak ada proses booting ditandai dengan indikator Capslock tidak menyala saat tombol capslock di petik.

Sebagaimana kita tahu bahwa laptop Asus ini menggunakan chipset VGA AMD yan pendinginnya menyatu dengan pendingin prosesor, nah VGA inilah yan sering bermasalah. Jika VGA ini bermasalah efek umum yan terjadi adalah sebagai berikut :
1. Black screen, atau layar gelap walaupun bisa dinyalakan.
2. Nyala layarnya namun saat login ke tampilan Windows muncul warna acak di layar dan atau laptop restart atau mati sendiri.
3. Bluesreen dan dumping
4. Jika overheat maka laptop akan mati sendiri setelah digunakan beberapa saat.

Baca juga :   LCD Ini Masih Bisa Diperbaiki

Untuk memperbaiki kerusakan sebagaimana dijelaskan diatas maka kita bisa mencoba memanasi VGA AMD menggunakan heater blower dengan suhu 400 oC dengna jarak kira-kira 5 CM menggunakan kepala blower kotak sebesar VGA jika ada, atau jika tidak ada kepala blower yang kotak maka yan penting panas diratakan ke seluruh body VGA. Berdasarkan pengalaman kami teknik ini bisa berhasil, namun jika kondisi VGA sudah tidak bagus atau sudah mau rusak biasanya suka kumat lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *