Flashdisk Tiba-tiba Minta Format

Diposting pada

Fashdisk tiba-tiba minta format padahal ada file yang sangat penting didalamnya, bagaimana cara memperbaikinya agar file bisa diselamatkan. Ini adalah masalah yang sering terjadi pada flashdisk entah disebabkan oleh virus atau memang performa dari flashdisk tersebut memang kurang bagus sehingga gampang rusak. Berdasarkan pengalaman ini sering terjadi pada flashdisk toshiba walaupun pernah juga menemui flashdisk Kingstone yang sering minta format.

Penyebab flashdisk sering minta format tiba-tiba ini kita masih belum memiliki data yang falid, namun ada kemungkinan disebabkan karena pengguna sering cabut tancap flashdisk tanpa men-stop terlebih dahulu semua aktifitas yang berhubungan dengan flashdisk yang sedang nancep pada komputer atau laptop mereka, yang seharusnya sebelum dilepas harus me-remove terlebih dahulu setelah semua aktifitas flashdisk di stop.

Baca juga :   Kembalikan File Flasdisk Hilang Dengan Cara Ini

Kemungkinan penyebab lain adalah karena virus yang berlama-lama ada di dalam flashdisk dan tidak segera dibersihkan menggunakan virus scanner. Jenis virus tertentu memang bisa saja menyebabkan flashdisk bekerja berulang-ulang untuk membaca file tertentu ( tentu saja file sampah ) sehingga proses “write” berlangsung terus menerus melebihi yang seharusnya dilakukan, ini menyebabkan performa flashdisk tidak sehat jika berlangsung dalam waktu yang lama.

Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Ikuti langkah-langkah berikut untuk memperbaiki flashdisk yang terlanjur minta format agar file yang ada didalamnya masih bisa diselamatkan.

  1. Siapkan sebuah software untuk recovery file : Get data back. Untuk download software ini bisa mengunakan link : Get data back NTFS dan link FAT : Get data back FAT.
  2. Masukkan flashdisk ke laptop atau komputer, saat minta format langsung saja klik format dan selesaikan prosesnya hingga drive flashdisk bisa dibuka, tentu saja tidak ada isinya apa-apa.
  3. Kemudian langkah selanjutnya adalah mengetahui format flashdisk. Kamu bisa melakukannya dengan klik kanan drive flashdisk dan klik kiri Properties maka akan ditunjukkan File system.nya NTFS atau FAT, ini diperlukan untuk memilih software recovery karena jika salah pilih tidak akan bekerja.
  4. Kemudian buka software Get data back, buka foldernya dan pilih Setup.exe untuk membuka. Sebagai contoh flashdisk yan kita ambil adalah NTFS, maka buka software GDBNTFS dan pilih Setup.exe untuk membuka. Maka software akan terinstall pada komputer, ikuti langkahnya sampai selesai, petunjuk ada di dalam folder.
  5. Setelah terinstal maka buka aplikasinya via administrator. Klik kanan aplikasi dan klik Run as Administrator. Kemudian ikuti langkah-langkahnya sesuai dengan petunjuk pada layar aplikasi, ini tidaklah sulit karena pada layer telah ada petunjuk yang jelas.
Baca juga :   Memperbaiki Flashdisk Minta Format

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas maka file pada flashdisk yang tiba-tiba minta format akan bisa diselamatkan dan flashdiskpun bisa digunakan kembali sebagaimana semula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *