Laptop Acer Baterai Tidak Mau Ngisi

Diposting pada

Laptop Acer baterai tidak mau ngisi atau tidak bisa charging namun bisa bekerja dengan normal, tidak mati premature dan bisa dinyalakan dengan mudah, namun jika charger dilepas indikator ces langsung berkedip-kedip tanda baterai nipis dan tidak lama kemudian laptop mati sendiri biasanya disebabkan karena kerusakan ic kontrol charing yang ada di motherboard.

Langkah perbaikan yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut, pada kasus ini kita gunakan contoh Laptop Acer Aspire 4738.
1. Matikan laptop dengna melakukan shut down jika sedang bekerja pada Windows, atau jika terjadi macet tekan tombol power dan tahan sampai laptop mati.
2. Cabut charger dan lepas baterai

3. Lepas keyboard dan lepas juga kabel fleksibel touchpad yan ada di bawah keyboard
4. Lepas semua baut di baian bawah laptop, semuanya yang terlihat
5. Lepas DVD player dan angkat kesing bagian bawah laptop dengan hati-hati
6. Lepas baterai CMOS
7. Lepas baut penjepit motherboard, penjepit hardisk. Dan lepas hardisk, kemudian angkat motherboard setelah semua kabel yang terhubung dilepas.
8. Cari IC kontrol charging. Pada laptop ini menggunakan ic dengan seri ISL88731. Ganti IC ini dengan yang normal.

Proses penggantian IC tersebut membutuhkan peralatan standart seperti heater blower, cairan flus, pinset dan lampu penerangan yang memadahi. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut diatas dengan hati-hati maka masalah Laptop Acer yang baterainya tidam mau ngisi bisa diselesaikan dengan baik dan laptop bisa kembali normal menggunakan baterai, charger, ataupun keduanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *