Speaker Internal laptop mati

Diposting pada

Ini adalah tentang masalah sound atau suara pada laptop dimana speaker internal mati atau tidak berbunyi namun jika kita colokkan speaker aktif melalui jack eksternal atau output audio bisa berbunyi dan normal. Atau jika kita colokkan headset pada laptop maka headset bisa berbunyi dengan normal. Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah :

  1. Karena speaker internal rusak
  2. Kabel menuju speaker internal putus
  3. IC power audio rusak
  4. IC sound rusak
Baca juga :   Laptop Suara Kadang Hilang

Nah kita perlu melakukan beberapa langkah untuk menentukan penyebab dari kerusakan tersebut karena tidak munkin kita hanya mengira-ngira tanpa ada analisa teknis. Langkah-langkah analisa yan bisa kita lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan AVO meter
  2. Bungkar kesing laptop sampai kita bisa mengakses speaker internal berikut kabelnya.
  3. Lepas jack kabel speaker kemudian cek kaki-kakinya menggunakan avometer yang telah disiapkan. Jika ternyata tidak menunjukkan adanya resistansi ( jarum tidak bergerak ) maka ada kemungkinan bahwa speaker rusak, namun untuk memastikan telusuri sepanjan kabel siapa tahu ada putus di bagian tertentu.
  4. Jika ternyata speaker normal maka kemungkinan terakhir adalah ic power audio rusak jika laptop menggunakan tambahan ic power audio. Jika ic sound yan digunakan sudah tidak membutuhkan ic power audio maka kemungkinan kerusakan disebabkan karena ic sound sudah tidak normal.
Baca juga :   Laptop Suara Kadang Hilang

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut diatas maka kita bisa lebih yakin untuk melakukan langkah perbaikan sehingga laptop yang speaker internalnya tidak bisa bunyi atau mati bisa kembali bekerja dengan normal.

6 thoughts on “Speaker Internal laptop mati

  1. berarti tidak ada leptop yg mempunyai ic power audio dan ic sound secara bersamaan ya pak …mengingat ic sound tidak memerlukan ic power audio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *