Blower Terlalu Panas Rusak Motherboard

Posted on

Blower adalah salah satu peralatan wajib bagi seorang teknisi laptop yang bisa digunakan untuk bungkar pasang komponen-komponen yang ada di motherboard laptop termasuk IC, kapasitor, resistor, dioda, mosfet dan chipset-chipset kecil.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan blower ini. Perlu diperhatikan karena jika salah penanganan akan menyebabkan kerusakan fatal. Yaitu suhu dan lamanya kita melakukan pemanasan pada sebuah komponen di motherboard.

Ini tentu sangat relatif karena suhu dan waktu sangat tergantung dengan apa yang sedang kita blower dan motherboard yang bagaimana yang  sedang kita blower. Motherboard yang tebal, biasanya digunakan pada laptop lama atau yang menggunakan teknologi lama dan beberapa laptop terbaru yang masih memperhatikan kekuatan motherboard, tentu lebih tahan terhadap panas daripada Motherboard tipis yang biasanya digunakan pada laptop yang menggunakan teknologi mutakhir, singlechips.

Baca juga :   Kenapa Keyboard Axioo Gampang Rusak

Pada motherboard tebal kita lebih leluasa mengatur suhu dan melakukan blowering, karena resiko kerusakan motheboard cenderung lebih kecil. Berbeda dengan ketika kita melakukan blowering, misalnya melepas IC, pada motherboard laptop yang tipis, jika kita terlalu lama mem-blower IC dan suhu terlalu tinggi maka motherboard bisa rusak dan menggelembung karena kepanasan. Penggelembungan motherboard ini akan menyebabkan beberapa jalur di dalam motherboard bisa saja terputus, ini berarti muncul masalah baru.

Baca juga :   Laptop Masuk Windows Langsung Mati, Ganti Ininya

Jadi jika suhu terlalu tinggi dan kita telalu lama mem-blower motherboard laptop maka motherbaord tersebut bisa rusak dengan ciri menggelembung, ini bisa menyebabkan beberapa jalur di dalam motherboard terputus. Untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini kita harus bisa menata sedemikian rupa agar suhu dan waktu bisa pas sesuai dengan motherboard dan komponen yang sedang kita lepas atau kita pasang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *