Kelemahan Printer Scanner

Posted on

Ternyata inilah beberapa point penting terkait kelemahan printer scanner yang menyatukan 2 fungsi sekaligus yaitu printer dan scanner ada di dalam satu device saja.

Printer scanner sekarang sangat popular dan banyak sekali diminati oleh pengguna di Indonesia. Selain praktis karena banyak sekali fungsi yang bisa di pilih di dalam satu perangkat saja, printer jenis ini juga sangat menghemat tempat dan tentu saja lebih rapih bila dibandingkan dengan menempatkan sebuah printer dan sebuah scanner.

Namun siapa sangka ternyata printer scanner memiliki kelemahan tersendiri jika dibandingkan dengan printer dan scanner yang bekerja sendiri-sendiri. Diantara kelemahan tersebut adalah sebaai berikut :

  1. Perangkat Mainboard atau motherboard lebih mudah rusak. Tentu ini jika dibandingkan dengan printer dan scanner yan bekerja sendiri-sendiri. Pada perangkat printer scanner, masing-masing device saling mendukung satu sama lain karena system kontrolnya ada pada satu perangkat mainboard. Atas dasar inilah kita bisa membayangkan bagaimana ribetnya sebuah mainboard mengontrol 2 buah devices sekaligus. Harus ada switch yang bekerja untuk menentukan apa yang harus bekerja sesuai dengan perintah dari kita. Harus ada system monitoring ganda. Harus reader feedback dari kedua device. Harus cerdas membagi sumber power untuk kedua devices. Demikian seterusnya.
  2. Printer tidak bisa bekerja jika scanner bermasalah, demikian juga sebaliknya. Jika katrid sedang ada masalah yang menyebabkan printer tidak bisa digunakan, maka jangan harap anda bisa melakukan scanning menggunakan perangkat scanner pada printer scanner ini. Demikian juga jika ada gangguan pada pergerakan lampu scanner yang menyebabkan scanner tidak bisa bekerja, maka jangan harap anda bisa melakukan printing sleembarpun. Keduanya harus sama-sama dalam kondisi prima. Kenapa demikian? karena system kontrolnya dan system monitornya ada di dalam satu perangkat. Berbeda jika kita menggunakan printer sendiri dan scanner sendiri, kondisi masing-masing perangkat tidak akan bisa mempengaruhi perangkat yang lain.
Baca juga :   Kenapa Printer Modif Sering Bermasalah

 

  1. Proses perbaikan memakan waktu lebih lama. Karena perangkat ini menyatukan 2 buah perankat menjadi 1 maka tentu saja susunan peralatan didalamnya lebih rumit dan saat kita memerlukan overhoule untuk proses perbaikan kerusakan maka ini membutuhkan waktu lebih lama.

Mungkin itu adalah beberapa hal penting terkait kelemahan printer scanner jika dibandingkan dengan printer dan scanner yang bekerja sendiri-sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *