Kenapa Printer Modif Sering Bermasalah

Posted on

Printer modif sudah sangat pepular sejak lama di Indonesia. Modifikasi yang dilakukan adalah dengan menambah tabung infus sebagai tampungan tinta sehingga saat tinta di dalam katrid terisi terus menerus seiring dengan berkurangnya tinta karena proses printing. Tinta dari tabung infus tersedot ke dalam katrid.

Dengan cara ini kita juga bisa mengontrol level tinta dengan mudah karena tabung ini transparan.

Kenapa Printer Modif Sering BermasalahBagaimana dengan rumor bahwa printer modifan ini lebih cenderung sering bermasalah? Terkait hal ini tentu saja kondisinya sangat relatif. Bermasalah atau tidak sangat tergantung bagaimana teknisi mengatur modifikasi.

Jika asal-asalan maka bisa saja printer akan sering bermasalah, namun jika modifikasi dilakukan dengan hati-hati dan pengetesan juga dilakukan dengan berbagai kondisi maka printer juga tidak akan sering bermasalah. Lalu apa masalah yang sering muncul pada printer modif ini, perhatikan point-point berikut.

  1. Selang sering nyantol, dan menyebabkan printer macet di tengah-tengah proses printing. Ini biasanya terjadi jika teknisi kurang memperhatikan posisi selang saat proses modifikasi. Selang tidak di letakkan sedemikian rupa sehingga menghindari terjadi macet yang disebabkan karena selang terjepit carriege atau rumah katrid yang bergerak cepat ke kanan dan ke kiri. Solusi untuk menghindari hal ini adalah dengan menempatkan posisi selang dengan tepat, lakukan pengetesan sebelum menyatakan proses modifikasi berhasil.
  2. Sudah di modif namun tinta di dalam katrid telat. Ini terjadi karena beberapa kesalahan diantaranya karena saat memasukkan selang ke mulut katrid masih ada angin didalam selang sehingga masuk angin dan menyebabkan tinta tidak lancar. Penyebab lain adalah karena selang tertekuk terlalu tajam sehingga aliran tinta dari tabung ke katrid macet. Atau bisa saja karena lubang pada katrid terlalu besar sehingga ada rongga yang menyebabkan tidak ada daya sedot dari katrid saat level tinta didalam katrid turun seiring dengan proses printing. Solusinya adalah hati-hati saat melubangi katrid agar tidak terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil.
  3. Pada printer Canon, katrid warna sering tidak terdeteksi. Ini biasanya terjadi karena penjepit katrid yang posisinya tepat diatas lubang katrid warna merah tidak di lubangi yang menyebabkan penempelan katrid ke carriege kurang sempurna karena terganggu pentilan ujung selang yang ditancapkan ke katrid warna.
Baca juga :   Kelemahan Printer Scanner

Ini adalah beberapa hal terkait kenapa printer modif sering bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *