Lensa Error Pada DSLR Coolpix

Diposting pada

Lensa error pada kamera DSLR Nikon Coolpix bisa diperbaiki dengan langkah-langkah yang akan kita jelaskan pada tulisan ini.

Lensa error biasanya menyebabkan kamera tidak bisa digunakan sama sekali atau pada kondisi tertentu bisa digunakan namun zoom tidak bisa berfungsi dengan baik.

Penyebab dari Lensa error ini bisa bermacam-macam diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Ada kotoran di sela-sela lingkaran lensa yang menyebabkan pergerakan teropong lensa terganggu.
  2. Lensa rusak karena adanya mekanik yang patah. Biasanya patah terjadi pada gigi gear kecil yang ada didalam unit lensa. gear ini berfungsi di bagian gearbox sebagai penghubung antara motor sebagai penggerak utama teropong lensa dan beban ( mekanik lensa ).
  3. Kerusakan pada kontrol penggerak lensa.
  4. Kerusakan pada kabel fleksibel.
Baca juga :   Kamera Digital Panasonic System Error ( Focus )

Cara memperbaiki kerusakan Lensa error seperti tersebut diatas adalah dengen mengacu pada penyebabnya. Jika kerusakan terjadi karena adanya gear patah maka kita bisa menggantinya dengan gear baru yang harganya terjangkau.

Jika kerusakan terjadi karena tersobeknya kabel fleksibel, ini akan sangat sulit diperbaiki. Kita harus mengganti dengan kabel yang baru jika memungkinkan, namun jika tidka memungkinkan maka jalan satu-satunya adalah dengan mengganti lensa satu unit utuh dan ini tentu sangat mahal harganya.

Baca juga :   Kamera Lupa Di OFF kan Beberapa Hari

Berdasarkan pengalaman, penyebab yang sering terjadi adalah karena kerusakan pada gigi salah satu gear utama pada gearbox yang ada didalam lensa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *