Acer One 14 Nyala Sebentar Dan Mati, Layar Gelap

Diposting pada

Laptop Acer One 14 nyala sebentar indikator powernya namun kemudian mati lagi dan tidak ada tampilan apa-apa pada layar monitor, apa penyebabnya?. Masalah seperti ini sangat sering terjadi pada laptop yang menggunakan single chips ini. Single chips adalah sebuah chipset yang didalamnya terdapat prosesor, south bridge dan north bridge chipset dan VGA, semua ada di dalam satu chips. Laptop yang menggunakan teknologi ini memiliki kecepatan luar biasa dalam kinerjanya namun tentu saja memiliki beberapa kelemahan.

Yang kita bahas pada posting kali ini adalah penyebab laptop acer one 14 yang menggunakan single chips yang jika tombol power dinyalakan lampu indikator powernya menyala namun layar blank dan beberapa saat saja mati lagi indikatornya.

Secara teori, masalah ini disebabkan karena ada arus berlebih yang menyebabkan system proteksi memerintahkan untuk mematikan laptop demi keamanan. Jika laptop benar-benar tidak bisa dinyalakan, arus berlebih biasa terdapat pada jalur utama 19Volt, namun jika lampu indikator power masih bisa menyala walaupun sejenak ini menandakan over current ada pada jalur lain yang mendapatkan supply tegangan setelah tombol power dinyalakan.

Baca juga :   Acer Z1401 Cabut Charger Langsung Mati, Baterai Normal

Jalur yang mendapatkan supply tegangan hanya setelah tombol power di tekan diantaranya adalah jalur tegangan prosesor, VGA, RAM dan jalur-jalur turunan tegangan 5Volt dan 3 Volt. Karena laptop ini menggunakan single chips maka prosesor dan VGA menjadi satu dan memiliki controller satu, ini perlu kita curigai.

Untuk menemukan jalur yang over current kita bisa memisahkan jalur-jalur yang kita sudah jelaskan pada alenia diatas dengan melapas induktor ( PL ) sehingga jalur terpisah dengan jalur sumber tegangannya. Membutuhkan kesabaran untuk melakukan action ini, namun ini adalah teknik yang paling aman dan tidak terlalu beresiko.

Baca juga :   Acer Z1401 Cabut Charger Langsung Mati, Baterai Normal

Cara lain untuk menemukan jalur yang kelebihan arus tersebut adalah dengan menyuntikkan tegangan kecil pada jalur-jalur yang dicurigai untuk menemukan komponen yang rusak, namun cara ini sedikit beresiko dan bisa saja menambah masalah baru jika kita tidak hati-hati.

Kita bisa memilih cara yang tepat untu menemukan sumber masalah pada laptop acer one 14 yang baru saja dinyalakan mati lagi namun layar blank ini sesuai dengan kemampuan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *