Error E03 MP287, Tidak Selalu Ganti Sensor

Diposting pada

Karena terlalu sering bertemu dengan masalah error E03 pada printer Canon MP287 sehingga langsung saja mengganti sensor kertas yang ada di bagian dalam di atas jalur kertas masuk. Ini sering terjadi pada teknisi yang kurang cermat, atau saking hafalnya dengan masalah yang satu ini. Padahal bisa saja error E03 tidak disebabkan oleh kerusakan sensor tersebut.

Error E03 MP287, Tidak Selalu Ganti SensorSecara teori memang benar, bahwa error E03 adalah disebabkan karena sensor kertas tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Nah, atas dasar ini kita harus cermat dan hati-hati mengenali masalah. Telusuri terlebih dahulu penyebab sensor tersebut tidak bisa kerja.

Sensor kertas tidak bisa kerja bisa disebabkan oleh kerusakan sensor tersebut, atau bisa jadi karena hal lain yang menyebabkan sensor tidak bisa bekerja optimal. Misalnya karena adanya sobekan kertas yang menyelinap di bagian tuas sensor yang menyebabkan tuas sensor tersebut tidak bisa bergerak secara normal sehingga menyebabkan sensor seperti tidak mendapatkan perintah apapun saat printer dinyalakan. Atau sensor menyimpulkan bahwa masih ada kertas yang masuk di jalur inlet kertas, sehingga karena kertas tidak segera keluar sensor pun memberikan signal error pada kontroller, printerpun tidak bisa bekerja.

Baca juga :   Kapan Printer Perlu Di Reset

Jadi penyebab lain error E03 adalah karena adanya sobekan kertas atau benda lain yang nyangkut di bagian bawah sensor kertas sehingga menyebabkan tuas sensor tidak bisa bekerja optimal. Demikian sekedar share pengalaman kita menangani kerusakan error E03 pada printer MP287 semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *