Kamera Digital Tiba-tiba Mati

Diposting pada

Kamera digital baru saja digunakan tiba-tiba mati dan tidak bisa dihidupkan lagi kadang-kadang penyebabnya hanya masalah kecil saja namun jarang diperhatikan oleh pengguna kamera.

Masalah kecil ini adalah kosongnya baterai karena telat di ces, karena saking asyiknya jepret-jepret pemandangan indah. Atau konektor baterainya sedikit berkerak sehingga koneksi antara baterai dan kamera kurang bagus yang menyebabkan kamera tidak tahu kalau baterai sudah terpasang.

Lalu bagaimana cara memperbaikinya?

Baca juga :   Kamera Digital Mati Total

Untuk kamera yang tidak bisa dinyalakan karena baterai kosong kita bisa mencoba dengan mengisi baterai menggunakan charger eksternal. Charger eksternal yang biasa digunakan untuk mengisi baterai handphone bisa juga digunakan.

Kemudian jika kamera yang tidak bisa dinyalakan karena adanya kerak pada konektor baterai maka kita bisa membersihkannya menggunakan cutter atau alat lain yang sejenis.

Karena kedua penyebab tersebut diatas kita tidak yakin mana yang lebih besar kemungkinannya maka kita bisa melakukan aksi perbaikan dengan membersihkan konektor terlebih dahulu kemudian melakukan charging pada baterai menggunakan charger eksternal.

Baca juga :   Kamera Digital Gagal Ces

Jika setelah dibersihkan dan diisi menggunakan charger eksternal tetap saja tidak bisa dinyalakan maka penyebab lain adalah adanya kerusakan pada motherboard dan ini membutuhkan analisa lebih lanjut untuk menemukan komponen apa yang rusak dan minta diganti.

Pada kamera jenis tertentu terdapat sebuah Fuse yang ada di dekat port baterai sebagai pengaman terjadinya short circuit, jadi check fuse ini terlebih dahulu sebelum check yang lain jika memungkinkan untuk melakukan operasi perbaikan sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *