Laptop Acer Mati Sendiri, Tidak Selalu Minta Ganti Nec tocin

Diposting pada

Satu lagi permasalahan pada laptop acer yang mati-mati sendiri setelah dinyalakan beberapa menit, bahkan kadang beberapa detik sudah mati sendiri, yang bisa saja kita salah dalam penanganan.

Beberapa kondisi memang masalah tersebut disebabkan karena adanya nilai kapasitif yang berubah pada jalur VCore yang disebabkan karena kerusakan kapasitor Nec Tocin yang ada di bagian bawah prosesor. Namun jangan selalu memiliki persepsi demikian, karena pada kondisi tertentu ternyata penyebabnya bukanlah kerusakan pada Nec Tocin.

Beberapa laptop acer yang menggunakan kapasitor Nec Tocin yang bila dinyalakan mati sendiri bisa saja disebabkan karena kerusakan pada ic controller stepdown. Misalnya ic stepdown VCore, jika bermasalah juga bisa menyebabkan laptop tidak stabil dan kadang-kadang mati sendiri. Atau ada masalah pada chipset yang menyebabkan tegangan juga tidak stabil.

Baca juga :   Laptop Mati Sendiri Saat Charger Dipasang

Jadi intinya adalah bahwa sebuah kerusakan pada laptop itu penyebabnya bisa beragam, tidak selalu itu-itu saja. Ini, membutuhkan analisa yang kadang-kadang sangat njelimat, walaupun kadang juga mudah terdeteksi. Dengan peralatan yang lengkap tentu saja pekerjaan ini bisa lebih mudah ditangani dan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.

2 thoughts on “Laptop Acer Mati Sendiri, Tidak Selalu Minta Ganti Nec tocin

  1. saya punya acer jadul tipe Aspire 4720 anehnya kalau menyalakan , nyala mati, nyala mati sampai 3 atau 4 kali baru deh laptop nyala normal . kalau sudah nyala semua normal, begitu berulang tiap restart ataupun menyalakan harus nyala mati sampai 3 atau 4 kali baru idup. menurut agan master kerusakan pada apanya ya itu. ,reply ya gan .tq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *