Laptop Asus Mati Total Tegangan Drop

Diposting pada

Saat charger dimasukkan tegangan pada jalur power utama drop dan laptop tidak bisa dinyalakan.

Kerusakan ini ternyata disebabkan karena adanya sebuah deoda di dekat port DC jack yang rusak ( short circuit ) atau konslet.


Untuk memastikan bahwa deoda tersebut rusak kita bisa melakukan pengecekan menggunakan avometer dengna selektor mengarah ke OHM.

Baca juga :   Hal-hal Yang Menyebabkan Laptop Mati

Letakkan probe merah pada salah satu kaki deoda yan ada tanda garis putih, dan letakkan probe hitam pada kaki yan lain. Pada deoda normal probe jarum avometer akan bergerak hampir mendekati 0 ( mentok ke kanan ). Pada deoda rusak kondisinya hampir sama, jarum bergerak mendekati 0, atau bahkan mentok 0. Langkah selanjutnya adalah membalik jarum ( merah dan hitam ). Jika jarum avometer tetap bergerak maka deoda rusak, jika jarum tidak bergerak maka deoda normal.

Baca juga :   IC Penyebab Netbook Axioo Mati Total

Jadi, untuk memperbaiki kerusakan seperti ini adalah dengan mengganti deoda yang telah rusak, namun perlu dipastikan kondisinya dengkah pengecekan seperti yang sudah kita jelaskan diatas. Karena, perlu diketahui, penyebab kerusakan seperti ini bisa saja karena komponen lain yang short, komponen lain yang masih ada di jalur utama 19V.

2 thoughts on “Laptop Asus Mati Total Tegangan Drop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *