Laptop Nyala Charger Panas

Diposting pada

Permasalahan laptop memang sangat beragam salah satunya adalah laptop bisa nyala namun charger panas sekali. Jika kita masukkan charger ke listrik terlebih dahulu kemudiam menancapkan charger ke laptop, tidak bisa charging. Namun jika Laptop dinyalakan kemudian charger dimasukkan ke laptop kemudian charger dimasukkan ke listrik, laptop bisa charging, namun chargernya panas sekali.

Secara teori, panasnya charger ini adalah seperti sebuah truck yang kelebihan muatan, maka meisn truck tersebut bisa saja kuat membawa muatan namun dengan “ngoyo” dan tentu saja mesinnya panas sekali.

Arus yang masuk ke laptop sangat tinggi mendekati batas maksimal kemampuan charger, atau bahkan sudah melewati batas maksimal rating arus charger, sehingga charger panas dan jika diteruskan panggunaannya maka charger bisa rusak.

Baca juga :   Tentang IC Power Laptop

Salah satu kemungkinan yang bisa menyebabkan kondisi seperti ini adalah mosfet di jalur utama 19V sebelum masuk Vin, atau mosfet pertama setelah jack DC charger di motherboard, kondisinya sudah short. Mosfet ini seharusnya ON/OFF-nya tergantung controller, dalam hal ini adalah ic charger, namun karena short maka kondisinya ON terus, maka menyebabkan arus yang disedot oleh laptop dari charger tidak beraturan, dan walaupun kondisi baterai sudah penuh namun tetap ada arus masuk ke system power laptop dari charger. Nah, pada kondisi ini, benturan antara energi dari baterai dan dari charger menyebabkan charger panas, bahkan baterai juga bisa panas.

Baca juga :   Laptop Dell Tit 5 Kali

Kesimpulannya adalah, salah satu dari berbagai macam penyebab charger laptop sangat panas padahal laptop bisa dinyalakan adalah karena mosfet utama telah short sehingga menyebabkan over current atau arus berlebih.

4 thoughts on “Laptop Nyala Charger Panas

  1. terimakasih info nya.. saya mau tanya mas ada del n4030 kalo pakai carger over head..prosesor panas banget kipas muter kenceng langsung on sendiri.lama2 mati……tapi kalo batre saja laptop normal…itu biasanya apa mas..padahal capasitor ke vcc core sudah di ganti..mosfad jalur 19v aman semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *