Laptop Nyala Dimasuki Charger Langsung Mati

Diposting pada

Laptop yang bisa nyala normal namun jika dimasuki charger langsung mati apa penyebabnya ? Buat temen-temen yang memiliki masalah seperti ini silahkan baca penjelasan berikut. Perlu diketahui sebelumnya bahwa masalah seperti ini tidak selalu disebabkan oleh satu hal saja, bisa bermacam-macam penyebabnya.

Diantara penyebab yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut :

  1. Charger rusak. Jika charger bermasalah bisa saja saat dimasukkan ke laptop langsung menyebabkan laptop mati. Untuk memastikan kondisi seperti ini kita bisa penjem charger temen terlebih dahulu sekedar untuk testing.
  2. Mosfet rusak. Penyebab lain yang bisa menyebabkan sebuah laptop langsung mati jika dimasuki charger adalah adanya mosfet yang rusak di bagian jalur sebelum masuk jalur Vin. Untuk yang ini mungkin hanya teknisi saja yang bisa memahami.
  3. IC Charger rusak. IC Charger yang rusak juga bisa menjadi sumber penyebab masalah tersebut diatas.
  4. Deoda rusak. Pada laptop tertentu yang menggunakan komponen deoda di bagian jalur utama 19Volt, jika deoda ini jebol bisa menyebabkan laptop langsung mati saat dimasuki charger
Baca juga :   How to install webcam Axioo Laptop

Diantara penyebab-penyebab diatas kemungkinan terbesar adalah kerusakan pada mosfet yang ada di bagian Motherboard. Untuk perbaikan jenis kerusakan seperti ini biasanya membutuhkan biaya sekitar Rp.300.000 namun ini tergantung teknisinya juga.

2 thoughts on “Laptop Nyala Dimasuki Charger Langsung Mati

  1. Numpang tanya om..kalo laptop nyala normal tpi pas d pasang carger layar bisa bergaris dan berkedip kadang jg mati trs nyala lg..itu kura kira krusakn pada apa’a yh om..laptop toshiba satelit l300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *