Laptop Setelah Shutdown Tidak Bisa Nyala Lagi

Diposting pada

Langkah-langkah yang bisa kita lakukan jika laptop bisa digunakan dengna normal namun setelah di shutdown habis itu dinyalakan lagi tidak bisa, adalah dengan melakukan reset terhadap BIOS setup.

Secara teknis langkah ini bisa dilakukan yaitu dengan melepas baterai CMOS dan membiarkan laptop dalam keadaan mati tanpa ada baterai CMOS-nya dan charger terlepas, demikian juga baterai tidak terpasang. Cara reset seperti ini kadang-kadang tidak bisa berhasil dilakukan pada jenis laptop-laptop tertentu sehingga kita memerlukan tool khusus untuk flashing BIOS atau mengganti BIOS dengan file yang fresh.

Untuk proses flashing BIOS membutuhkan pengalaman dan kemampuan dasar elektronika agar bisa berhasil dengna sempurna. Jika ragu, lebih baik tidak mencoba terlebih dahulu karena kesalahan pada action ini bisa berakibat fatal.

Baca juga :   Penyebab Umum Laptop Tidak Bisa Nyala

Baterai CMOS, letaknya adalah menempel pada motherboard laptop. Pada jenis laptop tertentu kita bisa menemukannya hanya dengan membuka kesing kesil penutup memory di bagian bawah laptop. Namun pada jenis laptop yang lain kita perlu membuka total kesing laptop untuk menemukan baterai CMOS ini.

Hati-hati, jangan membuka kesing laptop pada kondisi hidup, ikuti langkah berikut untuk melepas baterai CMOS.

  1. Matikan laptop
  2. Lepas charger laptop
  3. Lepas baterai laptop
  4. Lepas kesing bagian belakang, jika cmos belum ditemukan lepas keyboard, jika belum ditemukan lepas semua kesing laptop
  5. Setelah bateri cmos ditemukan, lepas dengan hati sesuai dengan jenis dudukannya.
  6. Diamkan laptop untuk waktu kira-kira 10 menit
  7. Masukkan charger dan coba nyalakan laptop, tanpa baterai dan tanpa baterai CMOS.
  8. Setelah kondisi kembali normal matikan laptop dan lepas charger kemudian pasang kembali baterai CMOS sebagaimana mestinya.
Baca juga :   Cara Service Toshiba C600 Tidak Bisa Dinyalakan

Dengan mengikuti urutan laangkah diatas kita bisa memperbaiki laptop yang tidak bisa dinyalakan lagi setelah shutdown padahal sebelumnya bisa bekerja dengan normal.

2 thoughts on “Laptop Setelah Shutdown Tidak Bisa Nyala Lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *