Level Baterai Laptop Loncat-loncat, Kenapa ?

Diposting pada

Ini adalah tentang level baterai pada laptop yang prosentasenya tidak bergerak berurutan ketika di lakukan proses charging, baru saja di gunakan 30% tiba-tiba berusah 7% dan ketika dimasukkan charger hanya berhenti di level 70% padahal proses charging sudah lama sekali, namun tiba-tiba langsung 100% beberapa saat kemudian.

Anehnya lagi pada saat charger dilepas prosentase langsung turun lagi ke kisaran 70%. Kenapa hal ini terjadi?

Kasus seperti ini memang bisa saja terjadi pada laptop, terutama yang usia baterainya sudah senja, walaupun bisa saja terjadi pada laptop yang masih muda.

Baca juga :   Baterai Laptop 100% Tapi Charger Dicabut Mati

Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Pada beberapa kondisi, masalah seperti ini memang tidak bisa diperbaiki karena kerusakannya ada pada baterai. Namun masih ada kemungkinan untuk bisa diperbaiki jika kerusakannya belum terlalu parah. Penyebab lain selain baterai adalah pada system charging yang ada di bagian motherboard, ini membutuhkan pengetahuan dasar elektronika untuk menemukan sumber kerusakannya.

Sebagai antisipasi dan pertolongan pertama kita bisa mencoba langkah berikut :

  1. Gunakan laptop tanpa charger sampai level baterai mendekati habis, mungkin kira-kira 10%
  2. Setelah itu biarkan laptop menyala, tidak usah digunakan dan usahakan proses standby di matikan agar laptop tetap hidup
  3. Biarkan laptop kehabisan baterai sampai mati sendiri, jangan digunakan untuk main game pada kondisi level baterai tipis.
  4. Setelah laptop mati lakukan charging tanpa menyalakan laptop. Tunggu sampai baterai penuh, perhatikan indikator chargingnya.
  5. Setelah penuh nyalakan laptop tanpa charger dan mulai lagi dari langkah 1.
  6. Lakukan langkah-langkah ini kira-kira 3 kali dan lihat hasilnya.
  7. Jika belum sempurna tapi ada perubahan silahkan diulangi lagi. Namun jika tidak ada perubahan maka kerusakan telah parah atau ada sumber kerusakan lain.
Baca juga :   Inilah Bahayanya Laptop Tanpa Baterai

Dengan melakukan langkah diatas diharapkan masalah masih bisa tertolong, namun jika tidak algi tertolong jangan tergesa-gesa mengganti baterai karena bisa saja kerusakan ada pada bagian lain selain baterai, segera bawa ke Teknisi terpercaya untuk analisa lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *