Membaca Motherboard Asus Tidak ada Label

Diposting pada

Membaca motherboard Asus yang tidak ada label pada setiap komponennya memang sulit jika belum memiliki pengalaman membaca motherboard sesuai dengan skema yang telah disediakan. Skema yang kita miliki seolah-oleh tidak bisa memberikan kontribusi lebih pada proses perbaikan yang akan kita lakukan karena tidak adanya kode atau label di papan motherboard.

Jika merasakan kesulitan dalam menyesuaikan pembacaan skema dengan komponen real di motherboard maka kita bisa menjadikan komponen yang memiliki nomer seri yang jelas pada bagian fisiknya, misalnya mosfet. Perhatikan seri mosfet tersebut kemudian masukkan pada kotak pencarian di pdf-nya skema. Nah dari sinilah kita memulai proses analisa. Kemudian untuk menelusuri jalur berikutnya adalah dengan menelusuri secara visual sebisa mungkin dan memastikan koneksi antar komponen menggunakan multi tester.

Komponen-komponen yang jumlahnya tidak terlalu banyak juga bisa kita jadikan patokan analisa, misalnya PL atau induktor yang berbentuk kotak warna abu-abu. IC controller juga bisa kita jadikan patokan penelusuran.

Masing-masing kita tentu memiliki cara tersendiri terkait proses penelusuran dan analisa keruskan pada motherboard Asus yang tidak memiliki label dan kode pada setiap komponen yang ada di motherboard. Dengan hati-hati dan teliti maka kita bisa melakukannya dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *