Notebook Charger Baru Tidak Bisa Ngecas, Ternyata Ini Penyebabnya

Diposting pada

Kadang-kadang pengguna notebook berfikir terlalu simple menghadapi masalah pada notebooknya sehingga ketika notebook tidak bisa ngecas langsung saja dibelikan charger baru tanpa berfikir panjang dengan asusmi karena tidak bisa ngecas berarti charger rusak.

Langkah ini bisa saja berhasil namun tentu saja lebih sering tidak berhasil, karena charger original bawaan laptop jarang sekali rusak pada kondisi ideal.

Seperti yang telah dialami teman kita, ketika notebooknya tidak bisa ngecas langsung dibelikan charger baru yang hasilnya ternyata tetap tidak bisa masuk ketika charger di tancapkan. Ini menunjukkan bahwa sebetulnya masalah bukan pada chargernya, namun masalah ada pada notebooknya itu sendiri.

Lalu apa penyebabnya?

Kasus yang dialami teman kita itu, notebook masih bisa dinyalakan namun ketika charger dimasukkan icon charging pada desktop tidak menunjukkan tanda-tanda proses  charging dan pada waktu tertentu setelah baterai habis laptop tidak lagi bisa dinyalakan.

Kasus seperti ini biasanya disebabkan karena terdapat komponen yang rusak di bagian moterboard. Bisa ic chargernya yang rusak atau terdapat mosfet yang rusak atau short circuit.

Jadi kesimpulannya adalah, jika notebook tidak bisa ngecas padahal kita yakin bahwa charger normal apalagi baru maka penyebabnya bisa karena ic charger rusak atau mosfet di bagian jalur charging rusak.

2 thoughts on “Notebook Charger Baru Tidak Bisa Ngecas, Ternyata Ini Penyebabnya

  1. Abang Agus, user pada umumnya seperti itulah berpikir simple, kalau laptop tidak ngecas main tancap gas aja beli charger laptop baru. Tapi tidak salah juga kok logika berpikirnya. hehehe….
    Mau tambahin aja post-nya. Kemarin teman saya ketika laptopnya tidak ngecas dia langsung beli charger laptop baru tapi charger laptop baru itu juga tidak berfungsi. Saya lihat posting facebooknya tentang masalah ini. Saya panggil main ke rumah, bawa laptop dan kedua charger-nya, kebetulan di rumah ada avo meter. Gue coba cek charger lama dengan avo namun tidak ada output begitu juga dengan charger baru tidak ada output tegangan. Ternyata setelah di cek, charger laptop lama ada kabel pada jalur adaptor ke jack dc yang putus dan charger laptop baru ada kabel dari steker ac ke adaptor yang putus. Saya fix kedua charger dan hasilnya ok, dan saya sarankan menggunakan charger lama karena komponen adaptor bawaan laptop umumnya berkualitas.
    Kesimpulan:
    Sebelum membeli charger laptop pastikan terlebih dahulu tegangan output charger bekerja dengan baik.

    * Abang Agus, klau adsense-nya cair bagi-bagi yaaa – just kidding // Del aja bang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *