HP 11 Mati Total, Apa yang Rusak ?

Diposting pada

Ini adalah kisah kita memperbaiki sebuah laptop 11″ yaitu HP 11 yang kondisinya mati total, tegangan sumber 19V dari charger langsung drop jika dimasukkan ke laptop ini. Ini menunjukkan adanya indikasi short circuit pada jalur tertentu di motherboard.

Kisah ini mungkin lebih diperlukan bagi kamu yang tidak mendapatkan skema untuk laptop jenis ini ( HP 11 dengan kode motherboard Y0E ) dan yang kesulitan membaca komponen karena tidak adanya tanda kode komponen di motherboard.

Baca juga :   Tentang IC Power Laptop

Perlu kamu ketahui, pada kisah ini bagian yang short circuit adalah Vin 19V. Jadi short baru bisa terlihat di rell Vin. Dan pada kisah ini kita temukan bahwa komponen yang rusak ada sebuah ic dengan kode body ALTE 919. IC ini berisi ic kontrol stepdown dan mosfet sebagai switch. Jadi tidak seperti laptop umumnya yang menggunakan sebuah ic controller dan 2 buah mosfet untuk proses penurunan tegangan namun ketiga komponen tersebut dijadikan satu di dalam sebuah IC.


Setelah IC ini dilepas maka jalur Vin tidak lagi short atau konslet ke ground. Banyak sekali komponen lain yang terhubung langsung dengan jalur Vin ini yang harus dicek jika temen-temen ketemu dengan masalah yang sama namun ternyata tidak sama dengan kasus yang saya tangani ini yaitu beberapa kapasitor kecil, ic charger juga terhubung langsung karena mosfetnya juga integrated, kemudian ic stepdown yang lain juga ada yang terhubung langsung.

Baca juga :   Laptop Dimatikan Tidak bisa Hidup Lagi



Untuk lebih jelas bisa tonton video diatas.
Jadi komponen-komponen tersebut bisa dicurigai untuk menemukan komponen mana yang menyebabkan short circuit. Dengan mengganti komponen yang rusak tersebut maka laptop HP 11 kamu bisa kembali normal.

2 thoughts on “HP 11 Mati Total, Apa yang Rusak ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *