Cara memperbaiki Laptop Aspire 2920 Gagal Booting

Diposting pada

Langkah penanganan laptop gagal booting ini bisa diterapkan pada jenis laptop apapun yang memiliki teknologi sama.

Laptop yang kita tangani kali ini adalah Acer Aspire 2920, laptop mungil yang bandel. Kerusakannya sepertinya tidak terlalu parah, bisa dinyalakan, juga muncul logo acer pada layar dan bisa masuk proses booting, namun pada kondisi tertentu proses booting hang dan berhenti, macet. Namun pada kondisi lain laptop bisa berhasil masuk ke tampilan windows dengan sempurna, akan tetapi pada saat kita shut down laptop ternyata pada proses shutting down hang juga sehingga laptop tidak mati-mati. Error yang lain adalah pada saat proses booting kadang-kadang tampilan di layar lcd langsung ngeblur dan kacau, kondisi hang dan macet.

Sebelumnya kita curiga bahwa ini disebabkan karena masalah pada RAM, kitapun mencoba membersihkan RAM dan mencoba untuk menggantinya, namun ternyata masalah tetap saja muncul.

Baca juga :   Laga Indonesia VS China Taipei, Gambaran Perbaiki Motherboard Laptop

Langkah lain yang kita lakukan adalah memanasi chipset northbgridge menggunakan heater blower, namun ternyata langkah ini juga belum bsia membuahkan hasil.

Akhirnya kita langsung membungkar kapasitor Nec Tocin yang ada di belakang prosesor. Nec tocin ini kita ganti dengan kapasitor SMD 330 sebanyak 3 buah. Laptop ternyata bisa berhasil melewati proses booting dan berhasil masuk windows dengan sempurna. Namun ada hal lain yang rasanya agak janggal, proses booting sangat lambat sekali dan shut down masih belum berhasil. Finally, kita tambahi lagi kapasitor 220 1 buah. Dan hasilnya laptop bekerja dengan normal. Jadi solusi dari masalah diatas adalah dengan mengganti kapasitor Nec tocin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *