Lenovo G470 Sulit Dinyalakan Charging Normal

Diposting pada

Ini adalah apa yang kami alami dengan Lenovo G470 yang tidak bisa dinyalakan yang sebelumnya bisa dinyalakan namun sulit sekali kadang-kadang bisa namun sering tidak bisa. Dan proses charging normal ditandai dengan lampu indikator charging menyala saat laptop di masuki charger.

Biasanya laptop yang tidak bisa dinyalakan padahal indikator charging menyala disebabkan karena kerusakan chipset IO atau kadang-kadang ada komponen dibagian motherboard yang rusak sehingga saat tombol power ditekan tidak ada respon apapun dari laptop.

Namun pada kasus ini ternyata penyebabnya lebih sepele dan lebih mudah diperbaiki karena kerusakan hanya ada pada modul tombol power saja, tidak ada masalah apapun pada motherboard. Detail kerusakannya adalah jalur ke tombol putus. Sebagaimana kita tahu bahwa tombol power pada laptop ini terdapat 2 jalur yaitu jalur yang terhubung langsung dengan ground dan jalur utama yang menuju ke chipset yang bertegangan kira-kira 3V jika ada sumber tegangan dimasukkan baik charger maupun baterai. Ketika tombol power ditekan maka jalur 3V tersebut di terhubung secara langsung ke ground.

Pada kasus ini, jalur yang bertegangan 3V tersebut putus ditengah jalan sehingga ketika tombol ditekan tegangan 3V tetap ada sehingga laptop tidak memberikan respon apapun. Solusi dari masalah ini adalah dengan menyambung jalur yang terputus menggunakan kabel jumper seperti pada gambar diatas.

Dengan menyambung jalur yang terputus tersebut maka tombol power kembali terhubung dengan baik ke jalur di motherboard sehingga laptop lenovo yang tidak bisa dinyalakan bisa kembali menyala dengan normal.

4 thoughts on “Lenovo G470 Sulit Dinyalakan Charging Normal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *