Tidak Nyala Tapi Indikator Baterai Nyala

Diposting pada

Laptop tidak nyala tapi indokator baterai nyala dan proses charging berjalan normal, namun di tekan tombol power tidak ada respon apapun.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kejadian tersebut. Jika indikator baterai bisa menyala ini menandakan bahwa laptop masih bisa charging, secara umum. Namun bagaimana jika tombol power ditekan ternyata masih juga tidak mau menyala?

Tidak Nyala Tapi Indikator Baterai NyalaKemungkinan-kemungkinan yang bisa kita curigai adalah sebagai berikut :

  1. Tombol power rusak. Jika tombol rusak, dimana saat ditekan kaki-kakinya tidak bisa terhubung atau sebaliknya kaki tombol power terhubung terus menerus walaupun tidak ditekan, maka tentu saja laptop tidak bisa merespon apapun signal dari tombol power.
  2. Pada laptop tertentu yang tombol powernya terhubung dengan mainboard menggunakan perantara kabel fleksibel, biasanya kabel fleksibel ini suka putus sehingga menyebabkan tombol power tidak terhubung dengan mainboard.
  3. Tegangan pada kaki tombol power hilang. Bisa saja disebabkan karena kerusakan pada komponen yang terhubung langsung dengan kaki tombol power misalnya transistor, atau yang lain sesuai dengan jenis laptopnya.
  4. Chipset IO rusak. Karena yang mengolah signal tombol power adalah chipset IO atau southbridge maka jika ada masalah tentu saja tombol power tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.
Baca juga :   Laga Indonesia VS China Taipei, Gambaran Perbaiki Motherboard Laptop

Ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa menyebabkan sebuah laptop tidak nyala tapi indikator baterai nyala dan saat ditekan tombol power laptop tidak ada respon apapun, hanya lampu indikator baterai saja yang bisa menyala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *