Memanfaatkan Hardisk Laptop Rusak, Untuk Portable

Diposting pada

Memanfaatkan hardisk laptop rusak untuk hardisk portable, agar hardisk tersebut tidak sia-sia.

Hardisk laptop yang sudah rusak, pada kondisi tertentu ternyata masih bisa digunakan untuk menyimpan data yaitu dengan menjadikannya sebagai hardisk portable, bagaimana caranya? Simak ya.

Kerusakan pada hardisk laptop bisa bermacam-macam, ada yang ringan ada juga yang berat dan sangat berat yang tidak memungkinkan lagi hardisk tersebut untuk digunakan kembali kecuali sebagia bahan kanibalan atau dijual ke Tukang Rosok. Untuk kategori kerusakan yang ringan atau yang agak berat ternyata masih memungkinkan untuk digunakan sebagaimana mestinya ( menyimpan data ). Hardisk laptop rusak untuk hardisk portable

Baca juga :   Tanda-tanda Laptop Minta Ganti Hardisk

Kerusakan ringan dan agak berat pada hardisk laptop umumnya adalah : lemot ( lambat/slow ), kadang macet ( hang ), bad sector pada drive system, tidak lagi bisa dimasuki windows ( OS lain ), dan kerusakan sejenis. Lalu bagaimana caranya agar bisa digunakan untuk menyimpan data ? Jawabannya adalah dengan mem-fungsikan hardisk sebagai hardisk portable. Untuk keperluan ini kita tinggal belikan kesing portable hardisk yang harganya kisaran Rp. 100.000. Masukkan hardisk pada kesing yang sudah dilengkapi dengan reader tersebut, maka hardisk portable siap digunakan. Biasanya hardisk langsung bisa terdeteksi jika kerusakan belum terlalu parah. Usahakan untuk mem-format terlebih dahulu agar hardisk lebih segar, dan drive bagian system ( C ) usahakan tidak perlu digunakan.

Baca juga :   Cara Memperbaiki Hardisk Samsung Lemot Gagal Booting

hardisk laptop rusak untuk hardisk portableJika kerusakannya adalah bad sector, maka alangkah baiknya jika bagian yang bad disisihkan saja, tidak perlu digunakan. Untuk langkah ini kita bisa andalkan Hierens. Atur sedemikian rupa agar bagian yang sudah Bad tidak di gunakan.

Demikian beberapa langkah yang diperlukan agar hardisk laptop yang sudah tidak lagi mampu diisi system ( OS ) agar bisa digunakan untuk menyimpan file.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *