LCD Ini Masih Bisa Diperbaiki

Diposting pada

Kerusakan pada layar laptop atau dikenal dengan LCD rata-rata memang tidak lagi bisa diperbaiki sehingga jika sebuah laptop rusak layarnya maka satusatunya jalan adalah dengan mengganti layar dengan yang baru. Namun lcd laptop ini masih bisa diperbaiki jika kondisinya seperti yang akan kita bahas pada artikel ini.

lcd laptop ini masih bisa diperbaikiPpada kondisi tertentu, kerusakan pada layar LCD laptop masih bisa diperbaiki. Salah satu kondisi pada sebuah layar laptop yang masih bisa diperbaiki adalah layar yang masih bisa memunculkan gambar atau tulisan namun gelap.

Pada layar laptop model lama tentu ini berhubungan dengan inverter sebagai penaik tegangan yang dimanfaatkan oleh back light yang berupa tabung neon. Namun pada layar model sekarang yang menggunakan teknologi LED maka tidak ada yang namanya inverter.

Baca juga :   Berapa Biaya Penggantian Layar LCD Laptop ?

Layar laptop LED, seperti pada layar netbook Aspire One D270, jika black screen atau tampilan gelap padahal masih bisa memunculkan image, ini disebabkan karena adanya jalur yang short circuit yang menyebabkan sekring pengamannya putus.

Ini menyebabkan supply tegangan pada backlight hilang sehingga menyebabkan lampu backlight tidak bisa menyala. Apa penyebab sekring putus? ini pertanyaan yang sangat penting, karena jika kita tidak menemukan penyebabnya maka penggantian sekring tentu tidak bisa membuahkan hasil, yang ada sekring penggantinya akan ikutan putus. Namun berbeda jika penyebab sekring putus kondisi yang terjadi hanya sekejap saja yang menyebabkan adanya lonjakan arus listrik berlebih sehingga menyebabkan sekring putus, jika demikian penggantian sekring akan langsung bisa berhasil dan tidak menimbulkan masalah yang lain di kemudian hari.

Baca juga :   Laptop Normal, Tapi Blank Saat Masuk Windows, kenapa?

Biasanya, berdasarkan pengalaman kita, terdapat sebuah kapasitor jenis SMD kecil yang short circuit atau konslet sehingga menimbulkan arus berlebih pada sekring dan sekring seketika putus. Jadi, dengan menggunakan multi tester cek terlebih dahulu apakah ada komponen yang konslet. Jadi jika rusak black screen dan kondisinya seperti yang sudah kita bahas tadi maka lcd laptop ini masih bisa diperbaiki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *