Service Proyektor Sony Mati Total

Posted on

Service Proyektor Sony mati total dalam artian sama sekali tidak ada tanda-tanda kehidupan ketika sumber listrik dimasukkan, lampu indikator juga tidak ada yang nyala.

Service Proyektor Sony Mati Total

Pada contoh kali ini adalah proyektor Sony VPL-EX7 yang model fisiknya kapsul. Ada beberapa point utama yang perlu kita perhatikan pada proses perbaikan proyektor Sony mati total ini yaitu : Fuse, Deoda dan IC Regulator.

Service proyektor sony mati total
Setelah proyektor dibuka dan diangkat mainboardnya maka akan terlihat unit power supply. Unit inilah yang menjadi pusat pengolahan power dari tegangan liar 220V menjadi tegangan jinak sesuai dengan yang dibutuhkan setiap komponen pada proyektor ini. Untuk service proyektor mati total jenis ini, maka yang pertama kita lakukan adalah mengangkat unit Power supply untuk dilakukan proses analisa. Cek Fuse, lihat foto diatas, yang warna putih tersebut adalah Fuse atau sekring, cek menggunakan Avometer untuk mengetahui apakah sekring masih berfungsi dengan baik.

Baca juga :   Service Printer Epson Mati Total L200

Service proyektor sony mati total
Jika Fuse pada kondisi normal, maka alihkan mata pada IC regulator, lihat foto diatas. Proyektor Sony VPL-EX7 ini menggunakan IC regulator dengan nomer seri TOP247YN. Biasanya kondisi mati total disebabkan oleh kerusakan pada IC ini, lakukan penggantian dengna hati-hati.

Perlu diperhatikan bahwa sebelum melakukan penggantian IC regulator, perlu juga dilakukan pengecekan terhadap deoda yang ada di dekat IC tersebut. Lihat foto dibawah.

Baca juga :   IC Penyebab Netbook Axioo Mati Total

Service proyektor sony mati total
Jika deoda dalam kondisi short atau konslet maka penggantian IC regulator tidak bisa menyelesaikan masalah. Jika pengecekan menggunakan Avometer masih ragu-ragu ( Untuk deoda warna jingga, pada foto diatas ) maka lakukan pengecekan menggunakan lampu Led.

Ini adalah beberapa point utama yang perlu diperhatikan pada service proyektor Sony mati total untuk jenis VPL-EX7 yang menggunakan IC regulator jenis TOP247YN. Tentu penyebab lain mungkin saja terjadi, misalnya deoda utama ( yang bentuknya kotak ) jebol dan sebab-sebab lain, namun ini jarnag terjadi. Biasanya jika deoda utama short maka Fuse utama putus. Jangan lupa cek dulu tegangan di elco besar sebelum memulai pengecekan, karena tegangan biasanya masih tersimpan sangat besar di komponen ini dan akan menyebabkan bahaya kesetrum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *