Aspire 4520 Tidak Bisa Dinyalakan

Diposting pada

Laptop Acer Aspire 4520 tidak bisa dinyalakan, jika tombol power ditekan lampu power hanya menyala 1 detik dan langsung mati, tidak ada tanda-tanda kehidupan yang lain.

Masalah ini sudah kita tangani dengan langkah-langkah yang tidak terlalu sulit dan juga tidak memakan waktu terlalu lama.

Aspire 4520 ini menggunakan prosesor AMD dan graphics nVidia GeForce 7000M. tergolong laptop agak lama yang masih menggunakan memory RAM DDR2.

Baca juga :   Lampu Charger Laptop, Jika Kedip-kedip Check Disini

Aspire 4520 Tidak Bisa DinyalakanLangkah perbaikan yang perlu dilakukan jika laptop ini tidak bisa dinyalakan, lampu power hanya berkedip jika ditekan tombol power adalah sebagai berikut :

  1. Buka kesing bagian belakang. Kesing penutup memory dan hardisk
  2. Lepas pendingin VGA dan prosesor. Lepas terlebih dahulu baut pendingin prosesor, kemudian baut pendingin VGA. Lalu angkat sedikit baut pendingin prosesor yang terhubung dengan pendingin VGA untuk melepas pendingin VGA.
  3. Setelah chipset VGA terlihat, maka lakukan pemanasan menggunakan blower atau peralatan sejenis.
Baca juga :   Acer Z1402 Schematics Dan Contoh Perbaikan Motherboard

Proses ini menyebabkan beberapa komponen yang ada pada motherboard panas sekali, sehingga perlu menunggu suhu kembali normal sebelum di lakukan pengetesan.

Setelah suhu normal nyalakan laptop. Jika berhasil maka seharusnya laptop bisa menyala normal. Langkah seperti ini bisa saja tidak berhasil karena kerusakan pada motherboard memang sangat variatif sehingga memerlukan analisa yang kadang-kadang membutuhkan kesabaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *