Baterai 100% Tapi Charger Dilepas Langsung Mati

Diposting pada

Sebuah laptop baterai 100% tapi charger dilepas langsung mati seolah-olah baterai sedang rusak atau kosong atau bahkan seperti laptop yang tidak menggunakan baterai, kenapa ?

Baterai 100% Tapi Charger Dilepas Langsung MatiPerlu beberapa langkah pengecekan untuk menentukan penyebab masalah yang demikian. Karena indikator 100% pada layar monitor laptop belum tentu mewakili kondisi baterai, dan belum tentu juga prosentase tersebut akurat. Trouble bisa saja terjadi pada controller yang bekerja membaca level baterai dan menunjukkannya di layar monitor. Atau bisa juga baterai memang sudah tidak presisi lagi pembacaan sensornya.

Maka, kita perlu mengikuti langkah-langkha berikut untuk mendapatkan kepastian sumber kerusakan yang menyebabkan masalah tersebut bisa terjadi.

  1. Cek kondisi baterai. Untuk melakukannya kita membutuhkan peralatan Multitester atau Avometer. Atur selektor avometer menuju Tegangan DC pada angka 50 kemudian letakkan probe hitam pada port baterai paling pinggir ( biasnaya ada tanda – ) dan letakkan probe merah ke port yang lain yang paling pinggir atau lihat tanda +. Jika menunjukkan nilai tegangan maka ini tanda bahwa baterai tidak rusak. Namun jika tidak menunjukkan adanya tegangan maka bisa dipastikan baterai rusak.
  2. Jika Sudah yakin bahwa kondisi baterai normal maka bisa dipastikan masalah ada pada motherboard. Biasanya yang rusak adalah ic charger.
  3. Check juga kondisi mosfet pada motherboard yang bekerja sebagai switch charging
Baca juga :   Laptop Acer Baterai Tidak Mau Ngisi

Dengan mengikuti langkah diatas kita akan lebih yakin dalam menemukan sumber masalah daripada laptop yang langsung mati ketika charger dicabut padahal level baterai 100%

2 thoughts on “Baterai 100% Tapi Charger Dilepas Langsung Mati

  1. bang gini jadi apa ada program yang benar2 akurat buat mengetahui batrai kita itu rusak atau error batrai 98 plug in,charging/not charging

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *