Cara Bersihkan Virus Flashdisk

Diposting pada

Buat kamu yang masih belum mengerti cara bersihkan virus flashdisk kita akan share langkah-langkahnya dengan harapan bisa membantu agar tidak perlu lagi ke tukang service laptop hanya untuk membersihkan virus di dalam flashdisk.

Cara Bersihkan Virus FlashdiskPerlu diketahui bahwa pembersihan virus pada flashdisk ini harus dilakukan sebelum flashdisk di buka isinya. Misalnya flashdisk masuk di drive E pada sebuah laptop, maka E tidak boleh dibuka ( tidak boleh di klik ) sebelum dibersihkan virusnya. Jika sudha dibuka maka virus dikawatirkan menyebar dan masuk system yang bisa saja menyebabkan beberapa file system ( file operating system ) rusak dan laptop harus diinstall ulang lagi agar bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut, kita asumsikan bahwa kita menggunakan smadav untuk antivirus flashdisk,

  1. Pastikan anti virus smadav sudah diinstall di komputer atau laptop dan usahakan up to date.
  2. Saat flashdisk dimasukkan biasanya si smadav langsung bekerja unjuk gigi, biarkan saja, atau klik tanda silang ( close ).
  3. Buka Windows Explorer, dan cari drive dimana flashdisk ada. Kemudian klik kanan pas drive tersebut.
  4. Setelah klik kanan maka akan muncul banyak pilihan, pilih Scan with Smadav. Maka akan muncul proses scanning virus oleh Smadav di kanan bawah dengan warna dominan tampilan hijau, biarkan sampai selesai ( 100%). Selama proses jangan sampai membuka drive flashdisk.
  5. Setelah 100% klik Detail, maka tampilan Smadav akan membesar, kemudian klik Result maka akan muncul virus-virus yang telah terdeteksi dan siap di eksekusi.
  6. Kemudian klik Clean All, maka semua virus akan dibersihkan.
  7. Jangan lupa klik juga pilihan Hidden jika terdapat file yang ter-hidden oleh virus, kemudian klik Unhide All untuk memunculkan kembali file.
  8. Selesai, close antivirus smadav.
Baca juga :   Smadav Butuh Suami, Jangan Biarkan Hidup Sendiri

Langkah-langkah diatas adalah untuk laptop atau komputer yang menggunakan antivirus Smadav, jika menggunakan yang lain secara global sama saja caranya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *