IC Charger Laptop Aspire V5-132P

Diposting pada

IC charger laptop Acer Aspire V5-132P dengan kode motherboard Angel-CY bisa didapatkan di berbagai toko spare part elektronika khususnya toko spare part laptop.

IC ini bekerja dalam proses charging laptop, menjadi kontroller switch sumber tegangan, dan sekaligus reader pembaca level tegangan yang akan ditampilkan di layar monitor laptop termasuk akan membaca status baterai pada laptop ini.

Posisi IC charger ada di motherboard dengan kode PU4001. Cari di bagian motherboard komponen IC dengan kode tersebut. Nomer seri ICnya adalah BQ24727 atau BQ727.

Baca juga :   IC Charger Asus X453SA, type dan letaknya di motherboard

IC Charger Laptop Aspire V5-132P Harga IC charger ini kira-kira tidak sampai Rp. 50.000.  Kamu bisa temukan penjual IC ini di internet dengan kata kunci jual BQ24727.

Untuk penggantian IC charger ini, peralatan yang dibutuhkan adalah : Cairan flux, Solder Uap atau Heater Blower, Pinset dan solder bila perlu. Prosesnya dimulai menutupi bagian kanan kiri yang rawan rusak bila kena panas dengan isolasi tahan panas, kemudian mengoleskan cairan flux ke IC, lalu memulai pemanasan menggunakan heater blower sampai timah pada kaki-kaki IC leleh dan IC diangkat menggunakan pinset dengan hati-hati. Proses selanjutnya adalah memastikan bahwa tidak ada kaki-kaki yang saling terhubung singkat satu sama lain.

Baca juga :   Laptop Di Ces Malah Mati, Ini Salah Penyebabnya

Kemudian tempatkan IC yang baru pada posisi yang seharusnya, perhatikan kaki-kakinya. Kecilkan angin heater blower dan panaskan IC yang telah ada di tempatnya, perlahan tapi pasti sampai IC lengket ke motherboard, pastikan lagi posisi kaki-kakinya, sudah benar apa belum. Setelah suhu pada IC dan motherboard kembali normal laptop siap untuk di nyalakan untuk running test.

Baca juga :   Tentang IC Charger Laptop

Proses ini tidak membutuhkan waktu terlalu lama namun butuk ketelitian dan kehati-hatian khususnya pada saat memanasi IC yang baru yang akan dipasang, jika angin terlalu besar iC suka bergeser tempat yang mengakibatkan kakinya tidak pas, ini akan menyebabkan kegagalan proses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *