Ini Penyebab Penggantian IC Laptop Gagal

Diposting pada

Ada kalanya penggantian IC pada sebuah motherboard laptop menuai kegagalan sehingga hasil tidak sesuai dengan yang diinginkan. Penggantian IC LAN seharusnya langsung normal ternyata malah di Device Manager tidak terdeteksi, atau IC sound yang panas jika digunakan untuk mendengarkan musik seharusnya masalah ini bisa teratasi dengan menggantinya namun ternyata malah device sound tidak terdeteksi pula. Atau penggantian IC step down, dan lain sebagainya.

Kegagalah ini bahkan sering terjadi pada penggantian IC baru, kita sering tidak habis fikir ic baru kok tidak berhasil? Padahal dari hasil analisa kerusakan ada pada IC tersebut.

Nah dari pengalaman real, biasanya kegagalan tersebut disebabkan karena kurang akurasinya pemasangan. Kaki-kaki IC biasanya ada yang kurang terpasang dengan baik sehingga tidak menempel pada motherboard dengan sempurna. Atau posisi kaki kurang kita perhatikan sehingga tidak pas di posisi yang seharusnya.

Baca juga :   Jika Sebuah IC Laptop Panas

Ini Penyebab Ganti IC Laptop Gagal

Untuk menghindari kegagalan tersebut, maka harus diperhatikan posisi kaki-kaki IC, pastikan pas dan tidak meleset sedikitpun, gunakan blower dengan angin yang rendah agar tidak menggeser posisi IC saat dilakukan pem-blower-an.

Pastikan semua kaki tersolder dengan baik dan sempurna, gunakan kaca pembesar untuk memastikan solderan setiap kaki-kakinya, dan jika memungkinkan jangan ragu-ragu untuk mengencangkannya menggunakan solder biasa dengan hati-hati. Perhatikan gambar diatas, IC sound tersebut kaki-kakinya tersolder dengan kuat dan terlihat solderannya semua meyakinkan.

Baca juga :   Jika Sebuah IC Laptop Panas

Inilah umumnya penyebab kegagalan penggantian sebuah IC pada sebuah motherboard laptop, diperlukan keuletan dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang bagus sesuai dengan yang kita harapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *