Maksud Istilah Black Screen Pada Sebuah Laptop

Diposting pada

Black screen adalah bahasa inggris yang artinya Layar hitam. Istilah ini sering ditujukan pada sebuah kondisi yang terjadi pada sebuah laptop dimana layar monitor laptop berwarna hitam atau gelap, namun tidak sembarang gelap saja, karena ini ditujukan pada laptop yang sedang dinyalakan, bukan laptop yang sedang dalam kondisi mati.

Maksud Istilah Black Screen Pada Sebuah LaptopIstilah black screen juga dikenal dengan No Display yang artinya tidak ada tampilan, menunjukkan bahwa sebuah laptop tidak bisa menampilkan apapun pada layar monitor walaupun laptop tersebut dinyalakan. Istilah-istilah tersebut di tujukan kepada laptop yang sedang bermasalah, atau rusak.

Istilah lain yang identik dengan black screen adalah Ngeblank, ini istilah lokal di Indonesia yang artinya blank atau kosong, maksudnya layar monitor laptop kosong tidak ada gambar atau tulisan apapun yang nongol saat laptop tersebut dinyalakan.

Baca juga :   Memperbaiki Netbook Axioo Nge-Blank

Istilah ini penting untuk difahami karena sering salah pengertian antara teknisi dan pengguna laptop maupun antar teknisi. Salah satu menganggap A dan yang lain menganggap B, tentu ini akan menyebabkan miss pengertian yang bisa berujung pada kesalahfahaman yang bisa menimbulkan konflik baik antar teknisi atau antara teknisi ke user.

Kondisi detail laptop yang mengalami black screen adalah sebagai berikut :

  1. Laptop masih bisa dinyalakan ditandai dengan adanya lampu indikator yang aktif, atau terdengarnya bunyi kipas saat laptop dinyalakan, baik bisa booting ataupun tidak bisa booting.
  2. Kondisi layar monitor laptop gelap. Laptop bisa dinyalakan namun layar monitornya gelap
  3. Kadang-kadang laptop bisa booting normal namun layar gelap dan tampilan bisa terlihat jika kita brikan cahaya lebih pada layar monitor, kondisi ini masih disebut black screen atau no display.
  4. Jika laptop tidak bisa dinyalakan sama sekali, tidak ada indikator yang menyala dan tidak ada tanda-tanda kehidupan, maka ini tidak dikategorikan black screen karena memiliki istilah lain yaitu Mati total atau Matot.
Baca juga :   Laptop Normal, Tapi Blank Saat Masuk Windows, kenapa?

Dengan memahami istilah-istilah tersebut diatas maka kita akan bisa lebih mudah untuk saling memahami kondisi kerusakan pada sebuah laptop, sehingga mengurangi kemungkinan adanya salah pengertian antara satu dengan yang lainnya. Memahami istilah seperti ini juga memudahkan kita untuk menemukan tutorial di internet dengna kata kunci yang tepat sesuai dengan masalah yang sedang kita hadapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *