Membuat Website ? Ini caranya

Diposting pada

Website adalah salah satu media penting di zaman now. Hampir semua informasi di sebarkan di internet melalui media ini, selain ada juga yang melalui email. Lalu bagaimana jika kita ingin membuat website ?

Membuat Website ? Ini caranyaBeberapa hal penting yang perlu diketahui tentang sebuah website adalah : Domain, Hosting dan template. Ini adalah 3 hal yang baku dalam pembuatan sebuah website. Domain adalah nama website kita, Hosting adalah ruang dimana kita menempatkan website dan template adalah tampilan website kita.

Jadi jika kita ingin membuat website kita harus membeli 3 komponen penting tersebut ( untuk website premium ). Bagaimana jika kita menggunakan blogspot atau wordpress? ini adalah layanan gratisan dari google dan wordpress dimana kita bisa membuat website tanpa harus membayar apapun namun alamat web kita di “embel-embeli” domain blogspot.com misalnya, www.kita.blogspot.com, www.kamu.blogspot.com dan seterusnya. Demikian juga wordpress.

Tentu saja website yang kita maksud pada bahasan ini adalah website premium, jadi semuanya harus berbayar. Untuk Domain dan hosting kita bisa sewa ke provider besar seperti indowebsite.net dan lain-lain. Kita bisa sewa tahunan atau 2 tahunan bahkan bisa juga bulanan. Untuk pemula kita bisa pilih paket yang murah saja, untuk detail harga bisa di lihat di www.indowebsite.net

Hosting, jika kecil, sebagaimana sebuah laptop, jika hardisknya kecil maka akan cepat penuh, jika terlalu penuh akan lemot. Jadi ukuran hosting bisa disesuaikan kira-kira konten yang akan kita masukkan ukurannya bagaimana, bisa disesuaikan.

Domain, sesuaikan dengan konten website kita. Jika kita akan membuat website yang isinya tentang sebuah organisasi atau perkumpulan maka pilih nama yang sesuai, misalnya www.perkumpulanku.com, atau www.myorganitation.org dan seterusnya. Akan terlihat aneh jika nama domain tidak sesuai dengan isi atau kontennya, dan ini juga menentukan dedikasi website tersebut nantinya.

Kemudian yang terakhir adalah template. Ini adalah tampilan website kita. Kita bisa memilih template gratisan dan bisa juga memilih template berbayar yang tentu saja memiliki banyak sekali kelebihan.

Jadi ternyata membuat website itu sangat mudah yha, yang paling sulit adalah merawatnya. Website tanpa konten adalah omong kosong, jadi yang paling penting daripada sebuah website adalah bagaimana agar kita bisa mengisinya dengan rutin setiap hari dengan konten-konten yang berkwalitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *