Mengapa Harus Punya PSU, Teknisi Laptop

Diposting pada

Mengapa harus punya PSU ? jawaban pertanyaan ini  penting bagi calon teknisi laptop handal. PSU adalah Power Supply Unit, adalah sebuah power supply variable yang rating tegangan dan arusnya bisa di setting sesuai selara sesuai dengan yang dibutuhkan.

Mengapa Harus Punya PSUPSU ini sangat penting bagi seorang teknisi laptop terutama ketika sedang memperbaiki laptop yang short, atau ada tegangan tertentu yang hilang sehingga membutuhkan supply pengganti untuk running test di dalam proses analisa troubleshooting.

Jika kita menggunakan charger laptop biasa, dan kita sedang testing sebuah laptop yang short, maka tegangan 19V dari charger laptop akan sangat berbahaya. Dengan menggunakan PSU kita bisa turunkan tegangan agar tidak menimbulkan kerusakan pada komponen lain di motherboard.

PSU dilengkapi dengan protector over current, sehingga jika terhubungan dengan beban yang terlalu kecil resistansinya ( short ) maka supply bisa terputus secara otomatis sehingga aman, patokannya adalah arus yang bisa disetting sesuai dengan kebutuhan juga.

Dengan PSU ini kita bisa hasilkan tegangan yang sangat kecil, 1Volt misalnya atau 1,1Volt untuk keperluan testing. Jika bertemu dengan laptop yang rating tegangannya tidak sama dengan umumnya laptop sedangkan chargernya tidak ada, maka PSU ini bisa jadi solusi karena rating tegangannya bisa disetting sesuka kita.

Jadi PSU sangat penting bagi seorang teknisi laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *