Merubah GPT Ke MBR Tanpa Memindah Data

Diposting pada

GPT dan MBR adalah formasi sebuah hardisk. Biasanya bawaan laptop baru yang menggunakan Windows 8 keatas menggunakan GPT dan jika kita akan mengganti windows 7, ini harus diganti ke MBR dan inilah cara bagaimana agar kita bisa merubah formasi ini tanpa harus backup data terlebih dahulu, tanpa harus kehilangan, tanpa harus memindahkannya dan tanpa harus ada proses format.

Baca juga :   Format GPT Saat Instal Ulang Windows, Ini Kelebihannya

Merubah GPT Ke MBR Tanpa Memindah DataProses merubah GPT ke MBR tanpa memindah data ini membutuhkan 2 buah software, semuanya gratis dan legal yaitu Mini tool Partition Wizard dan Rufus.

Untuk download Mini Tool Partition Wizard silahkan gunakan link ini : Mini tool ISO dan untuk download Rufus silahkan cari di internet, karena ini sangat mudah sekali.

Setelah download selesai, silahkan jadikan software Mini Tool Partition Wizard menjadi bootable di flashdisk menggunakan software Rufus yang telah di download juga. Kemudian setting laptop agar booting pertama melalui flashdisk. Jangan lupa untuk merubah ke Legacy jika belum.

Baca juga :   Merubah Windows 10 Ke Windows 7

Setelah masuk ke tampilan Mini Tool Partition Wizard maka pilih hardisk yang akan dirubah ke MBR kemudian klik ” Convert GPT Disk to MBR Disk ” tunggu hingga proses selesai dan matikan laptop.

Sekarang hardisk pada laptop kamu sudah berubah menjadi MBR dan diap untuk di-install-i Windows 7 sebagaimana yang kamu mau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *