Motherboard Laptop Short ? Lihat Komponen ini

Diposting pada

Biasanya jika menjumpai sebuah motherboard laptop short circuit atau konslet maka mindset kita langsung mengarah kepada kapasitor dan atau mosfet.

Maka ternyata ada komponen lain yang perlu juga di perhatikan ketika sedang memperbaiki motherboard laptop yang short. Komponen ini adalah deoda, atua diode.

Motherboard Laptop Short ? Lihat Komponen iniDeoda adalah sebuah komponen penyearah dengna jumlah kaki 2 biji yang hanya bisa mengalirkan arus satu arah saja. Ada tanpa garis putih pada salah satu bagian kakinya. Sebagaimana pada sebuah motherboard laptop yang kita telah tangani.

Baca juga :   Blower Terlalu Panas Rusak Motherboard

Motherboard laptop tersebut short circuit, jika charger dimasukkan maka langsung hilang tegangannya. Bagian port atau jack DC sudah bisa di deteksi kondisi short, Positif dan negatif atau ground terhubung singkat.

Nah, ternyata ada sebuah deoda, ada di dekat jack DC. nah setleah kita lepas deoda tersebut dan kita check menggunakan multitester hasilnya adalah kedua kakinya dideteksi terhubung singkat oleh multitester. Maka ini menunjukkan bahwa deoda dalam kondisi rusak. Dengan mengganti deoda tersebut dengan yang normal, walaupun tidak sama serinya, maka laptop bisa kembali bekerja dengan normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *