Tidak Dinyalakan Lama Laptop Mati, Ikuti Langkah Ini

Diposting pada

Tidak dinyalakan lama laptop mati, ikuti langkah ini agar laptop bisa dinyalakan lagi atau setidaknya kita yakin bagian apa yang rusak. Ini penting sekali agar tidak dengan mudah di bohongi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tidak Dinyalakan Lama Laptop Mati, Ikuti Langkah IniLaptop, atau sebagaimana peralatan elektronika secara umum, memang suka sering bermasalah jika lama didiamkan dan tidak dinyalakan. Hal ini terjadi karena komponen elektronika akan kondensasi jika terlalu lama diam apalagi dalam kondisi udara lembab, atau dalam bahasa jawa dikatakan ” kanyepen “.

Lalu bagaimana langkah kita jika laptop sudha terlanjur mati ?, ikuti steps berikut jika laptop benar-benar tidak bisa dinyalakan.

  1. Cabut charger.
  2. Pastikan kondisi charger. Jika lampu indikator charging pada laptop juga tidak mau menyala saat charger dimasukkan, pastikan terlebih dahulu kondisi charger. Kamu bisa gunakan avometer untuk mengetahuinya, atau jika ada laptop lain yang colokannya sama bisa juga untuk pengetesan. Jika charger dalam kondisi normal maka lanjutkan analisa. Langkah ini tidak perlu dilakukan jika laptop masih bisa charging.
  3. Setelah yakin kondisi charger normal lanjutkan analisa, fokus pada laptop, cabut baterai laptop.
  4. Diamkan kira-kira 10 menit. Setelah itu masukkan charger ( pastikan lampu charger, jika ada, tidak mati saat charger dimasukkan ke laptop ), kemudian nyalakan laptop tanpa baterai, menggunakan charger saja. Jika tetap tidak nyala segera cabut charger.
  5. Lepas baterai CMOS. Untuk melepas baterai CMOS ini kita perlu buka kesing belakang, tergantung jenis laptopnya. Lepas CMOS dan diamkan laptop selama kira-kira 1 – 5 menit.
  6. Kembali coba nyalakan laptop menggunakan charger saja, tanpa baterai dan tanpa baterai CMOS.
  7. Jika masih belum bisa menyala berarti ada masalah serius di motherboard.
Baca juga :   Laptop Tiba-tiba Mati, Ini Penyebabnya

Masalah pada motherboard sangat kompleks, membutuhkan keahlian untuk menemukannya dan tidak selalu sama antara satu laptop dengan laptop yang lain walaupun penyebab kerusakannya hampir sama, maka dari itu jika demikian maka bawa ke teknisi terpercaya di daerah kamu masing-masing.

4 thoughts on “Tidak Dinyalakan Lama Laptop Mati, Ikuti Langkah Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *